BibTex Citation Data :
@article{JTM37757, author = {Muhamad Maulana and Dwi Wibowo and Ojo Kurdi}, title = {Rancang Bangun Mainan Mekanikal Luncuran Kelereng Menggunakan Sistem Pengangkat Jungkat Jungkit}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {analisis kecepatan dan posisi; kelereng; mainan mekanikal; mekanisme}, abstract = {Mainan mekanikal adalah mainan yang bisa bergerak atau digerakkan baik secara manual maupun dengan motor listrik. Mainan mekanikal edukatif bentuknya di bagian atas adalah obyek mainan yamg digerakkan dan bagian bawah adalah mekanisme penggeraknya. Contohnya adalah mainan automata. Istilah automaton (bahasa inggris plural: automata) diartikan sebagai perangkat yang bergerak dengan sendirinya (a selfoperating machine).Produk mainan ini mensimulasikan gerak kelereng berupa siklus yang secara umum terdiri dari 2 komponen yaitu: (1) pengangkat kelereng berupa jungkat jungkit, dan (2) panel lintasan turun berupa three hole drop dan down rail & modul jungkitan. Suatu mainan luncuran kelereng dirancang dari beberapa modul dan setiap modul disimulasikan dan di lakukan analisa posisi dan kecepatan agar pergerakan kelereng dapat meluncur dari satu modul ke modul berikutnya dengan baik. Dari hasil simulasi dan analisa pada mainan mekanikal kelereng luncur, kelereng membutuhkan waktu tempuh 30,87 detik serta kecepatan kelereng tertinggi pada mainan mekanikal luncuran kelereng berada di panel lintasan three hole drop, dengan kecepatan kelereng 0,948 m/s dengan waktu tempuh 27,592 s, saat posisi kelereng terdapat pada sumbu x = 0,165 y = 0,244 z = 0,194 pada saat kelereng bergerak jatuh dari lubang three hole drop. }, issn = {2303-1972}, pages = {56--63} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/37757} }
Refworks Citation Data :
Last update: