skip to main content

Rancang Bangun Mainan Mekanikal Luncuran Kelereng Menggunakan Sistem Pengangkat Jungkat Jungkit

*Muhamad Wildan Maulana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dwi Basuki Wibowo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Mainan mekanikal adalah mainan yang bisa bergerak atau digerakkan baik secara manual maupun dengan motor listrik. Mainan mekanikal edukatif bentuknya di bagian atas adalah obyek mainan yamg digerakkan dan bagian bawah adalah mekanisme penggeraknya. Contohnya adalah mainan automata. Istilah automaton (bahasa inggris plural: automata) diartikan sebagai perangkat yang bergerak dengan sendirinya (a selfoperating machine).Produk mainan ini mensimulasikan gerak kelereng berupa siklus yang secara umum terdiri dari 2 komponen yaitu: (1) pengangkat kelereng berupa jungkat jungkit, dan (2) panel lintasan turun berupa three hole drop dan down rail & modul jungkitan. Suatu mainan luncuran kelereng dirancang dari beberapa modul dan setiap modul disimulasikan dan di lakukan analisa posisi dan kecepatan agar pergerakan kelereng dapat meluncur dari satu modul ke modul      berikutnya dengan baik. Dari hasil simulasi dan analisa pada mainan mekanikal kelereng luncur, kelereng membutuhkan waktu tempuh 30,87 detik serta kecepatan kelereng tertinggi pada mainan mekanikal luncuran kelereng berada di panel lintasan three hole drop, dengan kecepatan kelereng 0,948 m/s dengan waktu tempuh 27,592 s, saat posisi kelereng terdapat pada sumbu x = 0,165 y = 0,244 z = 0,194 pada saat kelereng bergerak jatuh dari lubang three hole drop.
Fulltext View|Download
Keywords: analisis kecepatan dan posisi; kelereng; mainan mekanikal; mekanisme
  1. Abdul Herlan, Rizal dan Wibowo, Dwi Basuki, 2012, Penelitian Respon AnakAnak Usia 5-9 tahun Terhadap Berbagai Gerakan-Gerakan Dasar Manusia yang Dapat Ditiru Melalui Mainan Mekanikal Edukatif, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, UNDIP
  2. Chang, K. H. (2021). Motion Simulation and Mechanism Design with SOLIDWORKS Motion 2021. SDC publications
  3. Guemez, Julio, et al, 2009, “Toys inPhysics Lectures and Demonstration a Brief Review”, Physics EducationJournal, Vol. 44, Number 1, Feature 53
  4. Howard, W., & Musto, J. (2017). Solid modeling using SolidWorks 2017. New York: McGraw-Hill Education
  5. Kurowski, P. (2013). Engineering Analysis with SolidWorks Simulation 2013. SDC publications
  6. Meriam, J. L., & Kraige, L. G. (2012). Engineering Mechanics: Dynamics: Dynamics. Wiley Global Education
  7. Mohammad, R., Mansour, R., Abdol, H. H., Kamran, K., & Mohammad, R. A. (2011). Kinematics and kinetic analysis of the slider-crank mechanism in otto linear four-cylinder Z24 engine. Journal of mechanical engineering research, 3(3), 85-95
  8. Myszka, D. H. (2004). Machines and mechanisms. Prentice Hall
  9. Wibowo, D. B., & Hardjono, B. S. (2014). Pengembangan Desain dan Manufaktur Mainan Mekanikal Eduaktif untuk Mendukung Kemajuan Industru Kreatif. Prosiding SNATIF, 27-34
  10. Wibowo, D. B., & Sulardjaka, G. D. H. Merancang Mata Kuliah Desain Mainan Mekanikal Edukatif di Perguruan Tinggi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.