skip to main content

Art Design dan User Interface Simulasi Prosedur Keberangkatan Bandar Udara Menggunakan Teknologi Virtual Reality

*Adriansyah Prasetya Nugraha  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dania Eridani orcid scopus publons  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Risma Septiana orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari
Pembelajaran mengenai pemahaman dan informasi bandara sangat diperlukan ketika akan menggunakan jasa transportasi udara. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan membuat media penyampaian sebagai sarana edukasi dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Untuk mendapatkan hasil visualisasi yang lebih interaktif dan dinamis, maka objek tersebut dapat dijalankan dengan kacamata Virtual Reality dengan bantuan program Unity sebagai game engine. Dengan ini, objek yang ditampilkan juga akan menjadi semakin informatif karena terbantu dengan adanya antarmuka yang memudahkan pengguna dalam melakukan simulasi. Metode yang digunakan pada pengembangan aplikasi VR simulasi keberangkatan di bandar udara adalah dengan metode User Centered Design. Dengan metode pengujian blackbox testing dan usability testing. Berdasarkan hasil penelitian dan implementasi yang dilakukan, aplikasi simulasi keberangkatan di bandar udara dapat memberikan solusi yang efektif dan efisien, sehingga memudahkan para pengguna dalam memahami prosedur yang ada di bandar udara.
Fulltext View|Download
Kata Kunci: Bandar Udara; Virtual Reality; Unity Engine

Article Metrics:

  1. Thomy. A, “Rancang Bangun Aplikasi Bergerak Berbasis Virtual Reality Interaktif Untuk Jasa Rancangan Dalam Ruangan”, Universitas Islam Indonesia, 2018. Tersedia: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10220 [Diakses 06 Juli 2022]
  2. M. S. Nurbadi, “Aplikasi Berbasis Virtual Reality Untuk Pendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia”, Universitas Islam Indonesia, 2018. Tersedia: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11883 [Diakses 06 Juli 2022]
  3. A. Adytio, “Pembuatan Virtual Reality Tour Dengan Metode Gambar Panorama Untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin”, Jurnal Universitas Hasanuddin, Makasar, 2017
  4. Vaughan, William. E-Book Digital Modelling, USA, New Riders, 2011
  5. Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 2009, pasal 1 (33) tentang Penerbangan
  6. Horonjeff, R and Mckelvey, F.X. Planning and Design of Airports, 5th ed., McGraw Hill Professional, New York, 2010
  7. Republik Indonesia. 2002. Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 47 Tahun 2002, pasal 7 (6b)
  8. Nalwan, A. Pemrograman Animasi dan Game Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1998
  9. Ardhianto, E., Hadikurniawati, W. & Winarno, E., “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender”, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume 17, 2012
  10. Fox, Brent., Game Interface Design, Thomas Course Technology, Boston, 2005
  11. Adams, Earnest., Fundamentals of Game Design, 2nd ed, Berkeley : New Riders, 2010
  12. Rosalina, L., Brata, A. H., & Fanani, L., “Pembangunan Aplikasi Perangkat Bergerak Program KB Berbasis Android Dengan Menerapkan User Centered Design”, 2(12), 6915-6921, 2018
  13. Widhiarso, Wijang, “Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus: Rumah Sakit Bersalin XYZ”, STMIK MDP Palembang, 3, 6-10, 2007
  14. Wahyuningrum, T., & Azhari, “Tinjauan Usability Dalam Evaluasi Produk Perangkat Lunak”, Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 1-8, 2017
  15. Stake, R. E., Evaluating Educational Programmes: The Need and the Response: A Collection of Resource Materials, OECD, 1976
  16. Jacobsen, N. E., Usability Evaluation Methods The Reliability and Usage of Cognitive Walktrough and Usability Test, University of Copenhagen, Denmark, 1999
  17. Nielsen, Jacob., Usability Engineering, Academic Press, 1993
  18. Tullis, T., & Albert, B., Measuring the User Experience Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics, 2nd ed, 2013
  19. Wahyuningrum, T., Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak, Deepublish, Yogyakarta, 2021. Tersedia: https://repository.ittelkom-pwt.ac.id/7797/1/Mengukur%20usability%20perangkat%20lunak.pdf [Diakses 15 Januari 2023]
  20. Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3)
  21. I. W. K. Suwastika, “Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa”, JSI, vol. 13, no. 1, pp. 1-5, Dec. 2018
  22. Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120
  23. Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–33
  24. Rahmawati, “Aptika Kominfo,” Aptika Kominfo, 26 Mei 2022. [Online]. Available: https://aptika.kominfo.go.id/2022/05/pembelajaran-dengan-virtual-reality-bangkitkan-rasa-ingin-tahu-siswa/. [Diakses 14 Juni 2023]

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.