skip to main content

Sentiment Analysis pada Twitter untuk Perbandingan Produk Secara Real-Time dengan Menggunakan Pendekatan Lexicon Based

*Benecditus Steven Hanantyo  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rinta Kridalukmana orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dania Eridani orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari

Pada masa yang sudah serba digital seperti sekarang ini maka samakin mudah pula kita untuk mendapatkan informasi. Informasi yang kita dapatkan dapat berasal dari website, portal berita elektronik, sosial media, dan berbagai media elektronik lainnya. Media sosial merupakan sarana informasi dan juga sebagai sarana untuk menyampaikan pendapat yang paling sering digunakan contohnya ialah seperti memberikan opini terhadap suatu produk dari perusahaan tertentu pada aplikasi Twitter, maka dari itu perusahaan juga dapat mendapatkan informasi dari opini-opini pengguna produknya yang disampaikan lewat media sosial tersebut dengan cara melakukan scrapping data melalui API yang telah disediakan oleh media sosial yang ingin digunakan untuk mendapatkan informasi. Dari data tersebut dapat dilakukannya sentiment analysis terhadap opini tersebut untuk menentukan apakah opini tersebut bernilai positive, negative, atau netral. Penelitian dilaksanakan berdasarkan metode OSEMN yang terdiri atas tahap Obtain, Scrub, Explore, Model, dan iNterpret. Pada penelitian ini peneliti berharap untuk mendapatkan nilai akurasi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu produk dapat berkembang dengan tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi. Hasil akhir dari penelitian ini ialah mendapatkan nilai akurasi sebesar 0.68. 

Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.

Fulltext View|Download |  Instrumen Riset
Tidak berjudul
Subjek
Tipe Instrumen Riset
  Unduh (130KB)    metadata pengindeksan

Article Metrics:

  1. Z. Jianqiang and G. Xiaolin, “Comparison research on text pre-processing methods on twitter sentiment analysis,” IEEE Access, vol. 5, pp. 2870–2879, 2017, doi: 10.1109/ACCESS.2017.2672677
  2. S. H. Biradar, J. V. Gorabal, and G. Gupta, “Machine learning tool for exploring sentiment analysis on twitter data,” Mater Today Proc, vol. 56, pp. 1927–1934, 2022, doi: 10.1016/j.matpr.2021.11.199
  3. C. Troussas, M. Virvou, K. J. Espinosa, K. Llaguno, and J. Caro, “Sentiment analysis of Facebook statuses using Naive Bayes classifier for language learning.”
  4. M. R. Huq, A. Ali, and A. Rahman, “Sentiment Analysis on Twitter Data using KNN and SVM,” 2017. [Online]. Available: www.ijacsa.thesai.org
  5. M. Wongkar and A. Angdresey, “Sentiment Analysis Using Naive Bayes Algorithm Of The Data Crawler : Twitter.”
  6. “Cara Mendapatkan API Twitter dan Menggunakannya.” https://klikjon.com/cara-mendapatkan-api-twitter/ (accessed Sep. 29, 2022)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.