skip to main content

IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO. 77 TAHUN 2013 TENTANG PENNGENDALIAN PEMBANGUNAN HOTEL 2014-2016


Citation Format:
Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak dan mengagumkan untuk dikunjungi. Wilayah tujuan wisata di Indonesia yang sering dituju adalah Yogyakarta. Yogyakarta menjadi salah satu tujuan para wisatawan sebab Yogyakarta memiliki situs-situs budaya yang menarik untuk dikunjungi. Setiap tahunnya wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta semakin meningkat. Peningkatan jumlah wisatawan juga diikuti oleh peningkatan jumlah pembangunan Hotel atau akomodasi penginapan lainnya di Yogyakarta. Pembangunan Hotel yang pesat dan tidak terkontrol memberikan dampak dan gejolak pada masyarakat.

Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan Pengendalian Pembangunan Hotel di Yogyakarta, serta dampak yang ditimbulkan. Disini peneliti mendiskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi Pembangunan Hotel yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2014-2016.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi kebijakan Peraturan Walikota Yogyakarta No. 77 tahun 2013 oleh Dinas Perizinan sudah menjalankan sesuai dengan apa yang terkandung di dalam peraturan. Akan tetapi, pembangunan masih banyak terjadi sehingga memberikan keresahan bagi masyarakat. Keresahan tersebut yakni terjadinya kemarau panjang, berkurangnya debit air tanah, dan udara yang semakin panas karena berkurangnya pepohonan. Implementasi kebijakan inipun juga kurang adanya komunikasi antar pihak yang terlibat dengan masyarakat.

Kata Kunci: Pengendalian, Pembangunan, Moratorium Hotel
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.