Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Demak dalam Pengembangan Masjid Agung Sebagai Destinasi Wisata

Published: 30 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pengembangan dalam kepariwisataan merupakan salah satu sektor yang potensial. Pengembangan pariwisata memiliki kekuatan penggerak  perekonomian yang sangat luas, tidak semata-mata terkait dengan peningkatan kunjungan wisatawan. Adanya pariwisata juga akan menumbuhkan usaha-usaha ekonomi disekitar area wisata dan menunjang kegiatannya sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Dalam penelitian ini berkaitan dengan peran yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang dalam menangkap fenomena tersebut yang kemudian disusunlah serangkaian strategi yang di gunakan untuk mengembangkan pariwisata yang ada khususnya pengembangan Masjid Agung Demak sebagai destinasi wisata,  yang selama ini menjadi letak dari icon pariwisata unggulan Kabupaten Demak.

Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah Kualitatif deskiptif dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dasar peneliti menggunakan pendekatan kualitatif adalah peneliti ingin mengetahui secara mendalam tentang strategi Pemerintah Kabupaten Demak dalam pengembangan Masjid Agung Demak sebagai destinasi wisata. Kemudian apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembangan Masjid Agung sebagai destinasi            wisata.

Hasil penelitian tersebut adalah peran  yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak dalam pengembangan Masjid Agung sebagai destinasi wisata. pengembangan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Demak adalah petama, pengembangan terkait atraksi dan daya tarik wisata wisata di Masjid Agung Demak. Kedua, pengembangan amnenitas dan akomodasi wisata di Masjid Agung Demak. Ketiga, Pengembangan aksebilitas di Masjid Agung Demak. Keempat, pengembangan image (citra wisata) di Masjid Agung Demak. Adanya pengembangan ini juga berdampak pada masyarakat dan pendapatan daerah. Selain itu, faktor pendukung pengembangan pariwisata di Masjid Agung Demak adalah Adanya Dasar Perda No. 05 Tahun 2019 Mengenai Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Masjid Agung Demak Tahun 2019-2029 Yang Menjadi Dasar Dari Pengembangan Masjid Agung Demak Sebagai Destinasi Pariwisata. Faktor penghambat pengembangan Masjid Agung Demak adalah Kurang Optimalnya RIPPERDA No. 5 Tahun 2019 sebagai dasar Pengembangan Masjid Agung Demak Sebagai Destinasi Pariwisata.

 

Kata Kunci : Pariwisata, Pengembangan, dan Destinasi wisata

Article Metrics: