BibTex Citation Data :
@article{JKTS21722, author = {cahyo utomo and rahadian paradhia and Muhrozi Muhrozi and andi retno AS}, title = {PERENCANAAN JEMBATAN KALI TUNTANG PADA PROYEK JALAN TOL SEMARANG-SOLO SEKSI 3 RUAS BAWEN-SALATIGA}, journal = {Jurnal Karya Teknik Sipil}, volume = {7}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Jembatan Kali Tuntang; PCI Girde; SAP2000; Long Span.}, abstract = { ABSTRAK Tol Semarang – Solo merupakan salah satu program Jawa Tengah sebagai bagian dari rencana pembangunan Trans Jawa. Tol yang panjangnya mencapai ± 75,8 Km ini milik badan pengelola jalan tol yang telah bekerja sama dengan PT. Trans Marga Jateng dalam masa pelaksanaanya. Jembatan Kali Tuntang terletak pada tol Semarang – Solo seksi 3 ruas Bawen – Salatiga dengan panjang 367 m yang terdiri 8 pilar dan 2 abutment. Jembatan ini merupakan jembatan konvensional karena struktur yang digunakan menggunakan PCI Girder sebagai gelagar memanjang. Selain merupakan jenis jembatan konvensinal jembatan kali Tuntang mempunyai mempunyai tipe jembatan long span dengan bentang PCI Girder terpanjang ialah 40 m. Pada perencanaan jembatan Kali Tuntang perhitungan struktur untuk menahan beban yang terjadi menggunakan software SAP2000 dengan ketentuan beban yang digunakan berdasarkan RSNI – T 2005 pembebanan untuk jembatan. Dari hasil analisis software didapat besar momen yang terjadi dan perilaku struktur akibat beban – beban luar sehingga dapat digunakan dalam perhitungan perencanaan jembatan Kali Tuntang. Hasil momen yang didapat dari analisis software SAP2000 terbesar terjadi pada P1 untuk kolom dengan ketinggian 17 m dan momen girder pada bentang P4 – P5 dimana panjangnya 40 m. }, pages = {09--21} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/21722} }
Refworks Citation Data :
ABSTRAK
Tol Semarang – Solo merupakan salah satu program Jawa Tengah sebagai bagian dari rencana pembangunan Trans Jawa. Tol yang panjangnya mencapai ± 75,8 Km ini milik badan pengelola jalan tol yang telah bekerja sama dengan PT. Trans Marga Jateng dalam masa pelaksanaanya. Jembatan Kali Tuntang terletak pada tol Semarang – Solo seksi 3 ruas Bawen – Salatiga dengan panjang 367 m yang terdiri 8 pilar dan 2 abutment. Jembatan ini merupakan jembatan konvensional karena struktur yang digunakan menggunakan PCI Girder sebagai gelagar memanjang. Selain merupakan jenis jembatan konvensinal jembatan kali Tuntang mempunyai mempunyai tipe jembatan long span dengan bentang PCI Girder terpanjang ialah 40 m. Pada perencanaan jembatan Kali Tuntang perhitungan struktur untuk menahan beban yang terjadi menggunakan software SAP2000 dengan ketentuan beban yang digunakan berdasarkan RSNI – T 2005 pembebanan untuk jembatan. Dari hasil analisis software didapat besar momen yang terjadi dan perilaku struktur akibat beban – beban luar sehingga dapat digunakan dalam perhitungan perencanaan jembatan Kali Tuntang. Hasil momen yang didapat dari analisis software SAP2000 terbesar terjadi pada P1 untuk kolom dengan ketinggian 17 m dan momen girder pada bentang P4 – P5 dimana panjangnya 40 m.
Last update: