skip to main content

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USER SATISFACTION TERHADAP SISTEM RUJUKAN ONLINE PADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG

*Hela Ayu Ramadhan  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia
Nurhasmadiar Nandini  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Sistem rujukan online merupakan inovasi BPJS Kesehatan dalam mendigitalkan sistem rujukan berjenjang. Sistem rujukan online diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan peserta dalam mendapatkan layanan rujukan. Namun belum ada evaluasi dalam pengukuran kepuasan pada sistem rujukan online hingga saat ini, khususnya di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem rujukan online dengan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan 100 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase responden yang merasa puas hanya 54%. Hal ini disebabkan oleh masih belum optimalnya efisiensi administrasi dan efektifitas sistem rujukan online dalam mengurangi antrian. Selain itu ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang. Ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang. Ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Lembar Pengesahan Artikel
Subject
Type Research Instrument
  Download (74KB)    Indexing metadata
Keywords: Satisfaction; Online Refferal System; BPJS Kesehatan
  1. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pemanfaatan JKN Capai 277,9 Juta Jiwa - Sehat Negeriku. 2019
  2. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 001 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan. 2012
  3. BPJS Kesehatan. Sistem Rujukan Berjenjang Online Peserta JKN-KIS. Jakarta; 2018
  4. BPJS Kesehatan. Sistem rujukan online menuju UHC. Jogjakarta; 2018
  5. Savithri Y. Pengaruh dan Strategi Implementasi Rujukan Online Menuju UHC 2019. Yogyakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2018
  6. Muchsam Y, Mareta F, Kesehatan I, Indonesia B. Analisis Pengaruh Kepahaman Sistem Rujukan Online Peserta BPJS Terhadap Kepuasan Pelayanan BPJS. J Sisfo. 2019;5:34–9
  7. Maillet É, Mathieu L, Sicotte C. Modeling factors explaining the acceptance, actual use and satisfaction of nurses using an Electronic Patient Record in acute care settings: An extension of the UTAUT. Int J Med Inform. 2015;84(1):36–47
  8. Dinas Kesehatan Kota Semarang. Profil Kesehatan Kota Semarang 2019. Semarang: Dinas Kesehatan Kota Semarang; 2020. 97 p
  9. Wendland J, Lunardi GL, Dolci DB. Adoption of health information technology in the mobile emergency care service. RAUSP Manag J. 2019;54(3):287–304
  10. Chan FKY, Thong JYL, Venkatesh V, Brown SA, Hu PJH, Tam KY. Modeling citizen satisfaction with mandatory adoption of an E-Government technology. J Assoc Inf Syst. 2010;11(10):519–49
  11. Ajzen I. The theory of planned behavior. Organ Behav Hum Decis Process. 1991;50(2):179–211
  12. Ashifa I. Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Niat Penggunaan Mobile Banking Secara Berkelanjutan (Privasi dan Personalisasi sebagai Variabel Moderasi). TECHNOBIZ J. 2020;3(1)
  13. Sanjaya GY, Hanifah N, Prakosa HK, Lazuardi L. Integrasi Sistem Informasi: Akses Informasi Sumber Daya Fasilitas Kesehatan dalam Pelayanan Rujukan. Sisfo. 2016;06(01):51–64
  14. Davis FD. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Q Manag Inf Syst. 1989;13(3):319–39
  15. Thompson RL, Higgins CA, Howell JM. Personal computing: Toward a conceptual model of utilization. MIS Q Manag Inf Syst. 1991 Mar;15(1):125–42
  16. Bernanda DY, Yohanes A, Seputro JS, Andry JF. Analisis Sistem Krs Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Xyz Menggunakan Metode Utaut. J Teknoinfo. 2019;13(2):124
  17. Venkatesh V, Smith RH, Morris MG, Davis GB, Davis FD, Walton SM. User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View 1. User Accept IT MIS Q. 2003;27(3):425–78
  18. Fishbein M, Ajzen I. The Influence of Attitudes on Behavior. The Handbook of Attitudes. 2005. 173–222 p
  19. Cabitza F, Batini C. Information Quality in Healthcare. 2016;403–19
  20. Michel-Verkerke MB. Information Quality of a Nursing Information System depends on the nurses: A combined quantitative and qualitative evaluation. Int J Med Inform. 2012;81(10):662–73
  21. Pawirosumarto S. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. J Ilm Manaj. 2016;VI(3):416–33
  22. Fendini DS, Kertahadi, Riyadi. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna. J Adm Bisnis. 2013;4(1):1–11

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.