BibTex Citation Data :
@article{JKM29652, author = {Hela Ayu Ramadhan and Septo Pawelas Arso and Nurhasmadiar Nandini}, title = {ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USER SATISFACTION TERHADAP SISTEM RUJUKAN ONLINE PADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG}, journal = {Jurnal Kesehatan Masyarakat}, volume = {9}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {Satisfaction; Online Refferal System; BPJS Kesehatan}, abstract = { Sistem rujukan online merupakan inovasi BPJS Kesehatan dalam mendigitalkan sistem rujukan berjenjang. Sistem rujukan online diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan peserta dalam mendapatkan layanan rujukan. Namun belum ada evaluasi dalam pengukuran kepuasan pada sistem rujukan online hingga saat ini, khususnya di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem rujukan online dengan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan 100 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase responden yang merasa puas hanya 54%. Hal ini disebabkan oleh masih belum optimalnya efisiensi administrasi dan efektifitas sistem rujukan online dalam mengurangi antrian. Selain itu ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang. Ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang. Ada hubungan antara harapan kinerja, harapan upaya, kondisi fasilitasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem rujukan online di BPJS Kesehatan Kota Semarang dengan p-value <0,05. Hasil penelitian menyarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menentukan indikator kepuasan peserta terhadap penerapan sistem rujukan online dan mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem registrasi di fasilitas kesehatan menengah dan tersier di Kota Semarang. }, issn = {2356-3346}, pages = {407--413} doi = {10.14710/jkm.v9i3.29652}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/29652} }
Refworks Citation Data :
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM, p-ISSN: 2715-5617, e-ISSN:2356-3346) and Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JKM journal and Faculty of Public Health, Diponegoro University, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the JKM journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JKM journal]The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document to jkm@live.undip.ac.id.
Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-ISSN: 2356-3346, p-ISSN: 2715-5617) is published by Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia, under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats