skip to main content

ANALISIS KONTEN TWEET PADA AKUN TWITTER KEMENKES RI SELAMA AWAL WABAH COVID-19 DI INDONESIA

*Daranida Normandia Visina  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia
Zahroh Shaluhiyah scopus  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia
Ratih Indraswari  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Wabah COVID-19 telah menjadi perhatian utama di dunia saat ini dan telah diklasifikasikan oleh WHO sebagai pandemi. Penyebaran informasi palsu terkait COVID-19 terjadi secara cepat dan luas di media sosial seperti Twitter. Akun Twitter milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merupakan salah satu sumber informasi terpecaya untuk memberikan informasi terkait situasi COVID-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis konten tweet akun Twitter @KemenkesRI selama awal wabah COVID-19 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 521 tweet yang diunggah oleh akun Twitter @KemenkesRI pada bulan Maret 2020 dan dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis konten dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi square. Penelitian menunjukkan bahwa frekuensi tweet yang paling banyak diunggah oleh akun Twitter Kemenkes RI pada bulan Maret memiliki konten pesan berupa laporan kasus sebanyak 269 tweet (51,6%). Pada 439 tweet (84,3%) memiliki sifat pesan informatif dan 386 tweet (74,1%) memiliki bentuk pesan berupa teks biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten pesan (ρ = 0,001) dan bentuk pesan  (ρ = 0,000) berhubungan dengan respon pesan yang diperoleh akun Twitter Kemenkes RI. Saran bagi Kemenkes RI agar dapat memaksimalkan penggunaan media sosial Twitter sebagai media promotif dan preventif dengan mempertimbangkan strategi komunikasi risiko sebagai salah satu upaya mitigasi bencana kesehatan masyarakat serta memaksimalkan penggunaan media seperti gambar dan video pada sebuah tweet sehingga pesan dapat tersampaikan secara lengkap, jelas, menarik minat masyarakat dan meningkatkan kemungkinan untuk disebarluaskan lebih tinggi.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Lembar Persetujuan Artikel
Subject
Type Other
  Download (253KB)    Indexing metadata
Keywords: COVID-19; Twitter; content analysis
  1. WHO. Q&A on coronaviruses (COVID-19) [Internet]. WHO. 2020. Available from: https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses
  2. WHO Indonesia. Coronavirus disease 2019 (COVID) Situation Report-5 [Internet]. 2020. Available from: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus
  3. The Jakarta Post. COVID-19: Indonesia records 60 deaths in single day. 2020; Available from: https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/14/covid-19-indonesia-records-60-deaths-in-single-day.html
  4. McCauley M, Minsky S, Viswanath K. The H1N1 pandemic: Media frames, stigmatization and coping. BMC Public Health. 2013;
  5. Time. News Coverage of Coronavirus in 2020 is Very Different Than it Was For Ebola in 2018. 2020;1. Time. News Coverage of Coronavirus in 2020 is V. Available from: https://time.com/5779872/coronavirus-ebola-news-coverage/
  6. Pulido CM, Villarejo-Carballido B, Redondo-Sama G, Gómez A. COVID-19 infodemic: More retweets for science-based information on coronavirus than for false information. Int Sociol. 2020;
  7. Rogers EM, Shoemaker FF. Communication of innovations: A cross-cultural approach, 2nd ed. Communication of innovations: A cross-cultural approach, 2nd ed. 1971
  8. Prayoga K. How jokowi communicates with the public during covid-19 crisis: An analysis of tweets on twitter. J Komun Malaysian J Commun. 2020;
  9. Md Dawot NI, Ibrahim R. A review of features and functional building blocks of social media. In: 2014 8th Malaysian Software Engineering Conference, MySEC 2014. 2014
  10. Kouzy R, Abi Jaoude J, Kraitem A, El Alam MB, Karam B, Adib E, et al. Coronavirus Goes Viral: Quantifying the COVID-19 Misinformation Epidemic on Twitter. Cureus. 2020 Mar 13;
  11. Thelwall M, Thelwall S. Retweeting for COVID-19: Consensus building, information sharing, dissent, and lockdown life. 2020;
  12. Biswas M. Health Organizations’ Use of Social Media Tools during a Pandemic Situation: An H1N1 Flu Context. J New Commun Res. 2013;
  13. Lee Hughes A, Palen L. Twitter adoption and use in mass convergence and emergency events. Int J Emerg Manag. 2009;
  14. Richard Eiser J, Bostrom A, Burton I, Johnston DM, McClure J, Paton D, et al. Risk interpretation and action: A conceptual framework for responses to natural hazards. International Journal of Disaster Risk Reduction. 2012
  15. Park H, Reber BH, Chon MG. Tweeting as health communication: Health organizations use of twitter for health promotion and public engagement. J Health Commun. 2016 Feb 1;21(2):188–98
  16. Guo YR, Cao QD, Hong ZS, Tan YY, Chen SD, Jin HJ, et al. The origin, transmission and clinical therapies on coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak - an update on the status. Vol. 7, Military Medical Research. NLM (Medline); 2020. p. 11
  17. Yoon J, Hagen L, Andrews J, Scharf R, Keller T, Chung EK. On the use of multimedia in twitter health communication: Analysis of tweets regarding the zika virus. Inf Res. 2019;
  18. Graeme B. Media and society: Critical perspectives. McGraw-Hill Education; 2010

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.