skip to main content

HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI SISTEM REKAM MEDIS RAWAT JALAN ELEKTRONIK DENGAN KEPUASAN PENGGUNA DI RSUD Dr. (H.C) Ir. SOEKARNO

*Muhammad Hadiyanto  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro, Indonesia
Cahya Tri Purnami scopus  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro, Indonesia
Atik Mawarni scopus  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 11 Aug 2020; Published: 2 Nov 2020.

Citation Format:
Abstract
Sistem informasi rekam medis memegang peran yang sangat besar dalam pemenuhan keperluan kesehatan, untuk itu harus bisa menghasilkan informasi yang berkualitas. Adanya perbedaan jumlah kunjungan pada sistem informasi rekam medis dengan data manual yaitu pada jumlah kunjungan yang dibuat petugas, menjadikan sistem informasi kesehatan tersebut tidak mampu menghasilkan kualitas informasi  yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hubungan kualitas Informasi dengan kepuasan pengguna sistem informasi rekam medis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional  pada akhir bulan desember  2019. Sampel pada penelitian merupakan total populasi, yaitu semua pengguna SIRM  sebanyak 90 pengguna sistem informasi rekam medis. Analisis data secara deskriptif dan analitik menggunakan uji statistic chi square. Hasil uji statistik responden sebagian besar pengguna sistem informasi berumur 21 – 30 tahun (51,11%), tingkat pendidikan Akademi / D3  (75,56%), masa kerja lebih dari 7 tahun  (42,22 %), dan pengguna sistem informasi rekam medis di unit  Poliklinik  (28,89 %), didapatkan ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kualitas informasi rekam medis ( relevan (p = 0,001), akurat (p = 0,001), penyajian informasi (p = 0,001)) dengan kepuasan pengguna sistem informasi rekam medik di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno 2020. Sebagai kesimpulan, kualitas informasi yang dihasilkan SIRM mengenai relevansi, akurasi dan penyajian informasi memiliki hubungan positif dengan kepuasan pengguna. Disarankan kualitas informasi perlu dievaluasi secara periodik sehingga pengguna tetap merasa puas terhadap SIMRM

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (125KB)    Indexing metadata
Keywords: Medical Record Information System; User Satisfactio

Article Metrics:

  1. Permenkes. Peraturan menteri kesehatan RI nomor 82 tentang sistem manajeman rumah sakit. 2013;(87):1–36
  2. buku pedoman. Rumah Sakit Umum Daerah Dr.(H.C) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Profil RSUD Dr.(H.C) Ir Soekarno Kep. Babel. buku pedoman. 2019. 2009. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004
  3. Widayanti NA, Medis R, Vokasi S, Gadjah U. Evaluasi Implementasi Sistem Electronic Health Record (EHR) Di Rumah Sakit Ak Ademik Universitas Gadjah Mada. J Manaj Inf Kesehat Indones ISSN2337-585X, Vol3, No1, Maret 2015. 1994:17–30
  4. Machmud R. Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi.; 2018
  5. Supriyatna A. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. None. 2015;11(1):43–52
  6. Dian Septiayufe ndini all. Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Survei Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN (Persero) Area Malang). J Adm Bisnis. 2013;4(1):1–11
  7. Efficacy dkk, Kepuasan Dan Persepsi Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. :63–75
  8. Ui FKM. Gambaran hubungan unsur – unsur end user computing satisfaction, Yoel Indra Kusuma Rasman, FKM UI, 2012. 2012
  9. Robert T. No TitleComputerized Records and Quality of Cure; Multimedia Health Care. 6 Tan, Robert S; Comput Rec Qual Cure; Multimed Heal Care; ; 1994. 1994
  10. Supriyatna A. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. None. 2015;11(1):43–52
  11. Studi P, Ilmu M, Masyarakat K, et al. PENGGUNA DALAM MENDUKUNG PROSES TESIS Untuk memenuhi persyaratan mencapai derajat Sarjana S2 Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan. 2006
  12. Astianurdin A, Samsualam S, Haeruddin H. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai Rekam Medik ( Kajian Pada Rumah Sakit Umum Daerah Lasinrang Kabupaten Pinrang Tahun 2017 ). J Ilm Kesehat Diagnosis. 2017;11(4):456–460
  13. Andriani R, Kusnanto H, Istiono W. Analisis Kesuksesan Implementasi Rekam Medis Elektronik Di Rs Universitas Gadjah Mada. J Sist Inf. 2017;13(2):90. doi: 10.21609/jsi.v13i2.544
  14. Wiratama D, Rahmawati D. Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Kebermanfaatan, Dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Internet Sebagai Sumber Pustaka. Nominal, Barom Ris Akunt dan Manaj. 2013;2(2):31–60. doi: 10.21831/nominal.v2i2.1663
  15. Hutagalung Dd. Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Pasien Rawat Jalan Klinik Yasa Husada Menggunakan Pieces Framework. 2018;Xii(10):1–10
  16. Hutahean J. Hutahean J. Konsep Sistem Informasi. 1st ed. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA; 2014. 13 p. Konsep Sist Inf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.