Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF TERHADAP TEMU KEMBALI ARSIP DI PUSAT ARSIP (RECORD CENTER) POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

*Rulli Susfa Ramanda  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Judul skripsi ini adalah “Analisis Pengelolaan Arsip Inaktif Terhadap Temu Kembali Arsip Di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan arsip, proses temu kembali arsip dan pengaruh pengelolaan arsip inaktif terhadap temu kembali arsip di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini berjumlah 7 orang informan, yang terdiri dari 3 orang petugas arsip, 3 orang pengguna arsip di Politeknik Negeri Semarang dan 1 orang pakar arsip. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan arsip inaktif di Politeknik Negeri Semarang cukup baik, karena dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan arsip masih ada kekurangan dan kendala-kendala. Adapun kekurangan dalam pengelolaan arsip meliputi kondisi arsip, SDM, dan ruang penyimpanan. Proses temu kembali arsip cukup baik dan telah menggunakan alat bantu temu kembali arsip yaitu DPA dan komputer. Pengaruh pengelolaan arsip inaktif terhadap temu kembali arsip yang dirasakan adalah bisa menyelamatkan fisik arsip dan arsip mulai tertata rapi. Sedangkan dari segi kecepatan temu kembali arsip masih belum berjalan dengan baik, karena masih membutuhkan lebih dari 5 menit.

Fulltext View|Download
Keywords: arsip inaktif, pengelolaan, temu kembali, pusat arsip (record center)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.