Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

POLA PENCARIAN INFORMASI OLEH SANTRI PONDOK PESANTREN ADDAINURIYAH 2 SEMARANG

*Asfa’a Nur Lailiya  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Skripsi ini berjudul Pola Pencarian Informasi oleh Santri Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pencarian informasi oleh santri Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian yang dijadikan sumber dalam penelitian ini sebanyak sembilan informan (interviewe) yang masing-masing terdiri dari tiga santri pelajar yang akan menghadapi ujian nasional, tiga santri mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dan tiga santri yang sudah mengajar (guru). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga sumber yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa, ditemukan strategi atau pola pencarian informasi yang dilakukan santri pelajar yang akan menghadapi ujian nasional, santri mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dan santri yang sudah bekerja yang membutuhkan informasi sebagai pendukung proses belajar-mengajar di kelas, yakni melalui starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, dan extracting. Tetapi terdapat dua tahapan yang tidak dilakukan secara khusus oleh santri, yakni monitoring dan extracting. Mereka melakukan pola pencarian informasi sesuai dengan cara mereka masing-masing.

Fulltext View|Download
Keywords: Pola Pencarian Informasi, Santri, dan Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.