slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PERSEPSI PEMUSTAKA MAHASISWA TERHADAP PEMUTARAN AUDIO MUSIK UNTUK KENYAMANAN LINGKUNGAN BELAJAR DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG | Pranitisaputro | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI PEMUSTAKA MAHASISWA TERHADAP PEMUTARAN AUDIO MUSIK UNTUK KENYAMANAN LINGKUNGAN BELAJAR DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Bachtiyar Yoggi Pranitisaputro  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, , Indonesia
*Lydia Christiani  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,

Citation Format:
Abstract

Skripsi ini berjudul “Persepsi Pemustaka Mahasiwa terhadap Pemutaran Audio Musik untuk Kenyamanan Lingkungan Belajar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang”. Tujuan dari penelitian ini untuk  mengetahui persepsi pemustaka terhadap pemutaran musik terkait dengan kenyamanan lingkungan belajar di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus (case study). Informan dalam penelitian ini merupakan pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan dan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemutaran audio musik di ruangan perpustakaan UPT Universitas Diponegoro Semarang mendapatkan tanggapan positif dari pemustaka. Pemustaka merasa tidak terganggu tetapi sebaliknya pemustaka lebih merasa nyaman, santai (rileks) dan lebih mampu berkonsentrasi dengan adanya suara musik di perpustakaan ketika melakukan aktivitas belajar. Kenyamanan lingkungan belajar di perpustakaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dari dalam lingkungan (internal) perpustakaan dan salah satu yang paling mempengaruhi konsentrasi adalah suara. Kenyamanan lingkungan belajar di perpustakaan juga dapat mendorong keinginan pemustaka untuk semakin melakukan aktivitas belajar.

Fulltext
Keywords: Persepsi Pemustaka, Kenyamanan, Lingkungan Belajar, Konsentrasi Belajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.