Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENINGKATAN KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di SMA 1 Kajen Kabupaten Pekalongan)

*Roslina Maulida  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Rohmiyati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perpustakaan sekolah memiliki peran yang penting dalam usaha peningkatan kompetensi guru. Para guru
SMA 1 Kajen Kabupaten Pekalongan memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam upaya untuk meningkatkan
kompetensinya. Guru memanfaatkan fasilitas, koleksi dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan SMA
1 Kajen Kabupaten Pekalongan sebagai sumber referensi dalam kegiatan belajar mengajar dan sebagai
referensi dalam menyusun RPP (Rencana Program Pembelajaraan), menyusun kumpulan soal-soal untuk
evaluasi siswa dan untuk membuat PTK (Penelitian Tindak Kelas) sebagai syarat untuk memperoleh
sertifikasi. Guru juga memanfaatkan fasilitas, koleksi dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan SMA 1
Kajen Kabupaten Pekalongan sebagai sumber inspirasi dan referensi untuk membuat suatu tulisan atau
artikel. Fasilitas dan koleksi perpustakaan juga membantu guru untuk selalu mengembangkan kemampuan
dan menambah pengetahuannya, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa
serta sesuai dengan perkembangan informasi dan ilmu pengetahuan yang ada.
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan sekolah; Kompetensi guru

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.