Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Information Sharing pada Grup facebook “Perpustakaan, Pustakawan, dan Pemustaka”

*Ahitia Putra  -  Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia
Lydia Christiani  -  Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfataan grup facebook “Perpustakaan, Pustakawan, dan Pemustaka” sebagai media information sharing penggiat perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan grup facebook Perpustakaan, Pustakawan dan Pemustaka sebagai Media Information Sharing Penggiat Perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan data deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi terstuktur, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan tiga tahap utama sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan grup Perpustakaan, Pustakawan, dan Pemustaka sebagai media information sharing penggiat perpustakaan, memanfaatkan fitur posting dan komentar. Kedua fitur tersebut digunakan dengan mengunggah posting dan memberikan komentar kepada posting yang menarik perhatian anggota. Anggota lain juga dapat memberikan komentar anggota lain yang telah di-posting sebelumnya, sehingga terjadi proses information sharing dengan cara saling berkomentar pada topik yang menjadi unggahan grup facebook “Perpustakaan, Pustakawan, dan Pemustaka”. Proses information sharing yang terjadi juga diketahui memiliki lima dimensi information sharing sesuai dengan pernyataan Tina Du, meliputi; 1) People, informasi pada grup ditujukan untuk sesama anggota dan rekan anggota. 2) Purpose, tujuan anggota dalam melakukan aktivitas information sharing pada grup untuk memberikan solusi, diskusi, dan edukasi kepada anggota. 3) Content, informasi pada grup memiliki muatan informasi formal dan informal. 4) Level lof Proactiveness, anggota memiliki kebiasaan akses grup pada siang, sore, dan malam hari, akan tetapi siang hari merupakan waktu akses terbanyak. 5) Mode, anggota grup menggunakan fitur posting dan komentar untuk berdiskusi.

Fulltext
Keywords: media sosial; information sharing; penggiat perpustakaan
  1. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
  2. Abubakar, R. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
  3. Bao, X., & Bouthillier, F. (2013). Information Sharing: As a Type of Information Behavior. Proceedings of the Annual Conference of CAIS / Actes Du Congrès Annuel de l’ACSI, 1–14. https://doi.org/10.29173/cais198
  4. Eitan, T., & Gazit, T. (2024). Explaining transformational leadership in the digital age: The example of Facebook group leaders. Technology in Society, 78(June), 102637. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2024.102637
  5. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  6. Hapsari, N. F. A., Ardyawin, I., & Saleh, A. (2020). Information Sharing Behaviour Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 2(2), 66–87. https://doi.org/10.31764/jiper.v2i2.3456
  7. Huberman, M. &. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication
  8. Junaidi. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728
  9. Miguel, P. L. de S., & Brito, L. A. L. (2011). Supply Chain Management measurement and its influence on Operational Performance. Journal of Operations and Supply Chain Management, 4(2), 56–70. https://doi.org/10.12660/joscmv4n2p56-70
  10. Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S., & Padjadjaran, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). Jurnal Al Munir, 11(1), 48–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/view/1499/
  11. Pandaleke, G., & SB Sumarauw, J. (2019). Analisis Information Sharing Pada Pt Grab Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 4829–4838. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/25435
  12. Rahmawati, D. (2018). Risiko Polarisasi Algoritma Media Sosial : Kajian Terhadap Kerentanan Sosial dan Ketahanan Bangsa. Jurnal Kajian Lemhanas RI, 33(Maret), 37–49
  13. Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf
  14. Setiadi, A. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
  15. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R%D (21st ed.). Alfabeta
  16. Tina Du, J., Liu, Y. H., Zhu, Q., & Chen, Y. (2013). Modelling Marketing Professionals’ Information Behaviour in the Workplace: Towards a Holistic Understanding. Information Research, 18(1)
  17. Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
  18. Wenger, Eitenne, McDemort, Richard, dan Synder, W. (2012). A Guide to Managing Knowledge. Harvard Bussines School Press
  19. Widyaningrum, A. Y. (2021). Kajian Tentang Komunitas Virtual: Kesempatan dan Tantangan Kajian di Bidang Ilmu Komunikasi. Jurnal Komunikatif, 10(2), 141–152. https://doi.org/10.33508/jk.v10i2.3457

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.