Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro

*Aulia Vidia Sasmitaratri  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang didirikan untuk tujuan tertentu. Khususnya untuk meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan dan juga menyimpan beragam informasi. Perpustakaan perguruan tinggi menjadi salah satu jenis perpustakaan yang berperan dalam mencapai tujuan tersebut. UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro menjadi contoh dari adanya perpustakaan perguruan tinggi. Supaya dapat dikenal oleh masyarakat luas, perpustakaan perlu melakukan kegiatan promosi. Melalui media sosial Instagram, UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro mempromosikan perpustakaan dengan membagi informasi. Penyusunan karya tulis ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif melalui pengamatan akun Instagram perpustakaan. Promosi telah dilakukan dengan baik karena dapat menyampaikan informasi mengenai perpustakaan tersebut.
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan perguruan tinggi; promosi perpustakaan; media sosial; Instagram
  1. Asdam, B. (2015). Minat Baca dan Promosi Perpustakaan sebagai Sarana Mendekatkan Masyarakat Pada Perpustakaan. JUPITER, XIV(1). http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/26
  2. Berawi, I. (2012). Mengenal lebih dekat perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Iqra’, 06(01), 49–62. http://repository.uinsu.ac.id/690/
  3. Binalay, A. (2016). Manfaat Promosi Perpustakaan Pada Mahasiswa Fispol dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas SamRatulangi. Acta Diurna, V(3). https://e-resources.perpusnas.go.id:2143/media/publications/89543-ID-none.pdf
  4. Firliyanti Nur Imanah. (2017). Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP010:2011) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. In Thesis. http://repositori.uinalauddin.ac.id/3559/1/FIRLIYANTINURIMAMAH.pdf
  5. Hafidloh, N., & Prasetyawan, Y. Y. (2016). Pengaruh Pendidikan Pemakai (Orientasi Perpustakaan) Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi MahasiswaAngkatan 2015 Di Perpustakaan Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15474
  6. Hariyah, & Triyanto, A. (2018). Media Sosial Alat Promosi Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Media Pustakawan, 25(2), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37014/medpus.v25i2.275
  7. Irfan, A., & Fitria, S. si. (2018). Peranan Perpustakaan Dalam Menunjang Tri Dharma Perguruan
  8. Tinggi. AL Maktabah, 3(2), 61–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i2.1372
  9. Prabowo, A., & Absor, U. (2019). Mediatisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Yogyakarta Pada Instagram Dalam Promosi Kepada Masyarakat. Nusantara Journal of Information and Library Studies, 2(2), 171–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30999/njils.v2i2.722
  10. Priyogo, S. D. (2017). Efektivitas Promosi Perpustakaan dengan Menggunakan Sarana Media Internet. Libri-Net. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln07117a7efefull.pdf
  11. Rismayeti. (2013). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman, Pengelolaan, dan Standardisasi.Jurnal
  12. Ilmu Budaya, 9(2). https://e-resources.perpusnas.go.id:2143/media/publications/100014-ID-perpustakaan-perguruantinggi-pedoman-pe.pdf
  13. Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.059
  14. Ting, H., Wong, W., de Run, E., & Lau, S. (2015). Beliefs about the use of Instagram: An exploratory study. International Journal of Business and Innovation, 2(2), 15–31. https://www.researchgate.net/publication/272026006_Beliefs_about_the_Use_of_Instagram_An_Exploratory_Study
  15. Widayanti, R. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Penyebaran Informasi Kegiatan Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan Tangerang. Jurnal Abdimas, 1(2), 81–87. https://www.esaunggul.ac.id/pemanfaatan-media-sosial-untuk-penyebaran-informasikegiatan-sekolah-menengah-kejuruan-pasundan-tangerang-2/

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.