slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Pengalaman Literasi Informasi Dalam Membuat Artikel Blog Anggota Divisi Litbang Ukm Peduli Napza Universitas Diponegoro | Sabilla | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pengalaman Literasi Informasi Dalam Membuat Artikel Blog Anggota Divisi Litbang Ukm Peduli Napza Universitas Diponegoro

*Oktavia Putri Sabilla  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengalaman anggota Divisi Litbang UKM Peduli Napza Universitas Diponegoro dalam membuat artikel blog. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan pengalaman dalam menyusun artikel blog anggota divisi litbang telah melakukan serangkaian kegiatan yang merupakan bagian dari literasi informasi yang dimulai dengan menemukan ide untuk menyusun artikel, dilanjutkan dengan mencari informasi yang mereka butuhkan untuk menunjang isi artikel kemudian mengolah informasi yang telah ditemukan hingga mengevaluasi hasil dari artikel utuh yang telah mereka susun.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Data Analysis
Pengalaman Literasi Informasi Dalam Membuat Artikel Blog Anggota Divisi Litbang Ukm Peduli Napza Universitas Diponegoro
Subject Pengalaman Literasi Informasi; Artikel blog; Berpikir Kritis
Type Data Analysis
  Download (12KB)    Indexing metadata
Keywords: Pengalaman Literasi Informasi; Artikel blog; Berpikir Kritis
  1. American Library Association. (2018). Information Literacy . https://literacy.ala.org./information-literacy/ . Diakses pada 20 Maret 2023
  2. Brady, F. (2021). Training peer teachers to teach first year graduate level information literacy sessions. Journal of Academic Librarianship, 47(2), 102308. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102308
  3. Bruce, C. (1997). The seven faces of information literacy. Literacy, 18(6), 203. http://www.bestlibrary.org/digital/files/bruce.pdf
  4. Darmawan, D. (2012). Mengenal Teknologi: Teknologi Informasi. 83
  5. Deden, H. (2014). Pengantar Literasi Informasi. LIterasi Informasi , Ilmu Perpustakaan, Literasi Informasi, 18. http://www.cilip.org.uk
  6. Deja, M., Rak, D., & Bell, B. (2021). Digital transformation readiness: perspectives on academia and library outcomes in information literacy. Journal of Academic Librarianship 47(5) 102403. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102403
  7. Effendhie, M. (2011). Pengantar Organisasi. Organiasi Tata Laksana Dan Lembaga Kearsipan, 1–90. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ASIP420902-M1.pdf
  8. Fitri, R. N., & Prasetyawan, Y. Y. (2020). Literasi informasi generasi x, y, dan z dalam penyusunan karya tulis ilmiah Universitas Diponegoro. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 21. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.23233
  9. Hardiyanti. (2015). Peran Literasi Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1255/
  10. Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 2(3), 317–324
  11. Ihsani, F. K., & Rukiyah, R. (2021). Pengalaman Literasi Informasi Penulis Komunitas ODOP Batch 8 dalam Proses Menciptakan Tulisan. … Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(1), 125–140. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11166
  12. Moreno-Morilla, C., Guzmán-Simón, F., & García-Jiménez, E. (2021). Digital and information literacy inside and outside Spanish primary education schools. Learning, Culture and Social Interaction, 28(April 2021). https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2020.100455
  13. Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737
  14. Raisya Z, R. N. (2015). The Effect of Information Literacy on Managerial Performance: The Mediating Role of Strategic Management Accounting and the Moderating Role of Self Efficacy. Procedia Economics and Finance, 31 ( 2015 ) 199 – 205
  15. Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77
  16. Setyowati, L. (2015). Literasi Informasi Dilihat Dari Perspektif Modal Manusia. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(2), 232-2–246. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1594
  17. Sukaesih, & Saeful, A. (2013). Literasi Informasi Pustakawan: Studi Kasus di Universitas Padjadjaran. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(1), 61–72. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkip.v1i1.9612
  18. Zou’bi, R. Al. (2021). The impact of media and information literacy on acquiring the critical thinking skill by the educational faculty’s students. Thinking Skills and Creativity, 39(September 2020). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100782

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.