Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Akun Instagram @Perpusums Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

*Maya Setyaningrum  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Promosi perpustakaan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh perpustakaan dan memiliki tujuan dan manfaat yang positif. Di tengah perkembangan teknologi informasi dan banyaknya pengguna sosial media membuat promosi perpustakaan seharusnya tidak hanya terbatas pada kegiatan secara langsung namun harus juga beralih menggunakan media sosial. Media sosial yang banyak digunakan oleh perpustakaan sebagai media promosi adalah Instagram. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan promosi perpustakaan melalui media Instagram pada akun @perpusums. Penelitian ini menggunakan metode teknik observasi kepada akun Instagram @perpusums milik Perpustakaan UMS. Penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan UMS telah memaksimalkan penggunaan akun Instagram secara efektif sebagai upaya menjaga hubungan antara pemustaka dan perpustakaan agar tetap terjalin harmonis dan juga Instagram dapat digunakan sebagai media penyalur informasi mengenai kegiatan perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan skills dari pemustakanya.  Dan dari upaya yang dilakukan oleh perpustakaan UMS dapat menarik minat pemustaka untuk berkunjung perpustakaan dan tentu saja telah berhasil membentuk citra yang baik dan positif dimata pemustakanya.
Fulltext View|Download
Keywords: Promosi Perpustakaan; Instagram @perpusums; Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
  1. Burhan, F. A., & Iskana, F. R. (2020). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5e9
  2. Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21–27
  3. Kasali, R. (2014). Let’s Change! - Kepemimpinan, Keberanian, dan Perubahan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
  4. Maretno, S., & Marlini, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Perpustakaan. Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 58–71
  5. Putri, A. D. S., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2019). Kaitannya Dengan Perubahan SikapFollowers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12–21
  6. Riyanto, A. D. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020.Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
  7. Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.Rajawali Pers
  8. Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press
  9. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University. Publication Library and Information Science, 3(2), 66–74. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/2074
  10. Sukirno, S. (2016). Optimalisasi Web untuk Promosi Perpustakaan. Pustakaloka, 8(2), 244–258
  11. Tatarina, W. A. W., & Husna, J. (2019). Dampak Media Sosial Instagram @ Jaklib _ Cikini Sebagai Media Promosi Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Dki Jakarta Cikini. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 351–360. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23093

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.