DAMPAK MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JAKLIB_CIKINI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA CIKINI

Wahyuningtyas Asihing Wulan Tatarina, Jazimatul Husna

Abstract


Penelitian ini membahas tentang dampak media sosial Instagram @jaklib_cikini sebagai media
promosi di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui dampak dari penggunaan media sosial Instagram @jaklib_cikini sebagai media promosi
Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @jaklib_cikini telah melakukan suatu
bentuk kegiatan promosi seperti membagikan informasi (To inform), mempengaruhi (To influence),
dan membujuk (To persuade). Akun @jaklib_cikini membantu followers mendapatkan informasi
mengenai Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini. Umpan balik berupa komentar,
pertanyaan, dan keterlibatan pengguna Instagram yang turut mengunggah foto atau video
kegiatannya di perpustakaan dengan memanfaatkan fitur Instagram seperti hashtag, tag, caption.
Keterlibatan pengguna dan didukung fitur-fitur Instagram secara tidak langsung mempengaruhi
keberhasilan promosi perpustakaan, karena proses penyebaran informasi mengenai perpustakaan
tidak hanya dilakukan oleh pengelola akun @jaklib_cikini. Proses penyebaran informasi seputar
perpustakaan dapat berjalan dengan mudah tanpa terkendala waktu dan biaya. Akun @jaklib_cikini
memudahkan pihak perpustakaan berinteraksi dengan pengguna dan masyarakat luas.

Keywords


nstagram; perpustakaan umum; promosi perpustakaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.