Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PROMOSI MELALUI CARA PERSONAL SELLING DI PERPUSTAKAAN SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG

*Ayu Indah Puspita  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Diah Sri Rejeki  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap promosi melalui cara personal selling di Perpustakaan SMA Taruna Nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain explanatory research dengan analisis deskriptif. Adapun sampel yang digunakan adalah 90 responden dan 9 informan. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kesioner dan wawancara. Penelitian ini memanfaatkan teori AIDDA sebagai dimensi untuk mendapatkan data dari responden. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan dengan distribusi frekuensi dan hasilnya adalah persepsi pemustaka terhadap promosi melalui cara personal selling baik. Persentase sebagai berikut 70% (63 responden) menyatakan bahwa promosi melalui cara personal selling di perpustakaan SMA Taruna Nusantara Baik, kemudian 13% (12 responden) menyatakan Sangat Baik, 17% (15 responden) menyatakan Kurang baik sedangkan tidak ada satupun responden yang menyatakan bahwa promosi melalui cara personal selling Tidak Baik. Kemauan dan kesadaran belajar dan membaca pada siswa sangat tinggi. Dengan adanya promosi, dapat meningkatkan motivasi kepada siswa untuk mengunjungi dan memenfaatkan perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: persepsi; pemustaka; promosi; personal selling; teori AIDDA; SMA Taruna Nusantara

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.