Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH BIMBINGAN MEMBACA TERHADAP MINAT BACA SISWA SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

*Filda Rohimah  -  Diponegoro University, Indonesia
Tri Wahyu Hari Murtiningsih  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai “Pengaruh Bimbingan Membaca terhadap Minat Baca Siswa di
Perpustakaan SMA N 1 Bawang, Banjarnegara”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh Bimbingan Membaca terhadap minat baca siswa di Perpustakaan SMA N 1
Bawang, Banjarnegara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi yang digunakan
adalah siswa SMA N 1 Bawang, Banjarnegara tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 925 orang. Sampel
penelitian berjumlah 93 responden.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik
pengolahan data dengan cara editing, koding, dan tabulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan
metode analisis deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah metode bimbingan membaca SMA N 1 Bawang
Banjarnegara efektif dilakukan. Hal ini dapat ditunjukan sejumlah (68,9%) menyatakan bahwa
bimbingan membaca dengan metode reseptif efektif dilakukan dan sejumlah (74,1%) menyatakan
bahwa bimbingan membaca dengan metode komunikatif efektif.
Kesimpulan dari penelitian berdasar perhitungan uji pengaruh menunjukkan adanya pengaruh
sebesar 21,8 % dari pemberian bimbingan membaca (guided reading) yang berorientasi pada tugas
terhadap minat baca siswa SMA N 1 Bawang, Banjarnegara. Hal ini berarti pengaruh yang ditimbulkan
tidak signifikan atau rendah.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.