Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Kinerja Pustakawan Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

*Wahdi Subarkah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Setyadi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini membahas tentang tingkat kinerja pustakawan Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Tujuan penelitian ini adalah agar diketahui seberapa besar tingkat kinerja pustakawan berdasarkan rata-rata jawaban responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan digunakan sampel sebanyak 80. Analisis data dalam penelitian ini digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai indikator dari aspek jaminan menghasilkan mean tertinggi sebesar 3,00 yang masuk dalam kategori baik. Nilai indikator dari aspek bukti fisik menghasilkan mean tertinggi sebesar 2,93 yang masuk dalam kategori baik, Nilai indikator dari aspek daya tanggap menghasilkan mean tertinggi sebesar 2,93 yang masuk dalam kategori baik, Nilai indikator dari aspek keandalan menghasilkan nilai mean tertinggi sebesar 2,74 yang masuk dalam kategori baik. Adapun nilai indikator dari aspek empati menghasilkan nilai mean tertinggi sebesar 2,65 yang masuk dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kinerja pustakawan Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro masuk dalam kategori baik.

Fulltext View|Download
Keywords: tingkat kinerja pustakawan; perpustakaan
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Dewi, A. P., Suharso, P. (2015). Analisis Layanan Perpustakaan Keliling Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Bagi Santri di Pondok Pesantren Yayasan Islam Hamdan Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4, 2
  3. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (ed. 5). Semarang: Universitas Diponegoro
  4. Hamidy, B., dkk. (1998). Kiprah Pustakawan: Seperempat Abad Ikatan Pustakawan Indonesia 1973-1998. Jakarta: Pengurus Besar IKAPI
  5. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., Berry, L. L
  6. (1988). Servqual: a Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perc. Journal of Retailing, 64, 23-25. Diakses dari: http://search.proquest.com
  7. (1994). Alternative Scales for Measuring Service Quality: A Comparative Assessment Based on Psychometric and Diagnostic Criteria. Journal of Retailing, 70, 205-207 Doi: 10.1016/0022-4359(94)90033-7
  8. Prasetyo, B., Jannah, L. M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  9. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.