Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH SK MENPAN NOMOR 132/KEP/M.PAN/12/2002 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL PUSTAKAWAN DAN ANGKA KREDITNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYA ILMIAH PUSTAKAWAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

*Laila Nur Fitriani  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuniwati BYPMYRR Yuniwati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
SK Menpan Nomor 132 tahun 2002 sebagai penjabaran bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan pustakawan dinilai berdasarkan angka kredit yang akan menentukan kenaikan pangkat/jabatannya. Dalam pembuatan karya ilmiah yang angka kreditnya lebih tinggi, hal ini menjadi motivasi pustakawan untuk lebih produktif dalam menulis. Penelitian dilakukan pada pustakawan Universitas Diponegoro berjumlah 36 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling.
Dari hasil analisis uji t pada regresi thitung (1,278) lebih kecil dari ttabel (1,6909). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Hal ini menunjukkan tidak adanya pengaruh variabel X, yaitu SK Menpan Nomor 132/KEP/M.Pan/12/2002 tentang jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya terhadap variabel Y, yaitu produktivitas karya ilmiah pustakawan. Dari koefisien determinasi diperoleh nilai 4,6% yang menunjukkan kekuatan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sangat lemah. Dari hasil jawaban responden menunjukkan bahwa meskipun penilaian angka kredit dirasa sudah sesuai namun produktivitas pustakawan dalam menghasilkan karya ilmiah masih rendah.
Fulltext View|Download
Keywords: SK Menpan Nomor 132/KEP/M.Pan/12/2002; jabatan fungsional pustakawan; produktivitas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.