Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KINERJA PERPUSTAKAAN DI UPT PERPUSTAKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

*Diyah Kartika Sari  -  Diponegoro University, Indonesia
Aan Permana  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Semarang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kompetensi pustakawan dengan kinerja perpustakaan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kompetensi pustakawan dengan indikator kompetensi profesional dan kompetensi individual, dari indikator tersebut terdapat sub
indikator yang menjadi ukuran kompetensi pustakawan yaitu terampil, kreatif, cerdas, tanggap, luwes, komunikasi dan suka melayani, ramah dan simpatik. Sedangkan Variabel terikatnya (Y) adalah kinerja perpustakaan dengan indikator penemuan kembali dokumen, peminjaman dokumen,
pertanyaan dan layanan referensi dan penelusuran informasi. Metode yang digunakan metode survei yaitu metode kuantitatif yang di dukung dengan analisis deskriptif. Populasinya adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling insidental, dengan jumlah sampel 97. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 97 responden sebanyak 48,5% atau sebanyak 47 responden menyatakan bahwa pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Semarang mempunyai kompetensi di bidangnya dan sebanyak 47,4% atau 46 responden menyatakan bahwa kinerja perpustakaan masih kurang. Uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara kompetensi pustakawan dengan kinerja perpustkaan. Sedangkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 8,366 >1,661 , artinya bahwa kompetensi pustakawan berpengaruh terhadap kinerja perpustakaan.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.