Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital iJateng Menggunakan Metode Digiqual

*Purwaningsih Purwaningsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Penelitian dengan judul “Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital iJateng Menggunakan Metode
DigiQUAL” merupakan penelitian yang dilakukan pada perpustakaan digital iJateng. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas layanan perpustakaan digital iJateng diukur menggunakan metode DigiQUAL. Jumlah
responden penelitian berjumlah 89 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode DigiQUAL. Jumlah
dimensi yang dinilai berjumlah 12 dimensi. Penilaian terhadap kualitas layanan digolongkan menjadi 3 penilaian,
yaitu harapan minimum, harapan sesungguhnya, dan kenyataan yang diterima, dilanjutkan dengan penghitungan
adequacy gap dan superiority gap. Harapan minimum terendah adalah dimensi interoperability (5,63) dimensi ini
membahas kemampuan aplikasi pada perangkat yang digunakan. Harapan minimum tertinggi adalah dimensi
copyright (6,21) dimensi ini mengacu pada pengelolaan hak cipta pada perpustakaan digital. Harapan sesungguhnya
tertinggi adalah dimensi digital library sustainability (7,36) dimensi ini membahas mengenai pengembangan
perpustakaan digital. Harapan sesungguhnya terendah adalah dimensi digital library as community for users (6,96)
dimensi ini membahas adanya fitur yang memfasilitasi interaksi para pengguna. Persepsi tertinggi adalah dimensi
copyright (6,8) dimensi ini membahas mengenai pengelolaan hak cipta pada perpustakaan digital. Persepsi terendah
adalah dimensi interoperability (4,87) dimensi ini membahas mengenai kemampuan aplikasi pada perangkat yang
digunakan. Dimensi yang dinilai sudah cukup memuaskan pengguna adalah dimensi copyright atau fitur pencarian
dan untuk selebihnya kualitas layanan perpustakaan digital iJateng berada dalam zona toleransi atau masih dapat
diterima oleh pengguna.
Keywords
DigiQUAL; kualitas layanan; perpustakaan digital

Article Metrics:

  1. Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian
  2. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
  3. Rineka Cipta
  4. ________________. (2010). Prosedur Penelitian :
  5. Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka
  6. Cipta
  7. Association of Research Library. (2005). DigiQUAL :
  8. Charting Digital Library Service Quality.
  9. http://www.digiqual.org/about/goals
  10. Azwar, Saifuddin. (2009). Metode Penelitian.
  11. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  12. Dang, Tihyaunin Luka. dan Felix, Usman Manjack.
  13. (2019). Evaluating The Level Of User’s
  14. Satisfaction With the Digital Library- Federal
  15. University Dutsinma Katsina.
  16. https://www.researchgate.net/publication/332
  17. Dewi, A. P., & Suharso, P. (2015). Analisis Layanan Perpustakaan Keliling Badan Arsip dan Perpustakaan provinsi Jawa Tengah dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi bagi Santri di Pondok Pesantren Yayasan Islam Hamdan Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).
  18. Fatmawati, Endang. (2011). Kajian Teoritis Mengenai
  19. Metode LibQUAL Untuk Mengevaluasi
  20. Kualitas Layanan Perpustakaan.
  21. LIBRARIA Jurnal Ilmu Perpustakaan dan
  22. Informasi FPPTI Jateng. Vol. 1. No. 1 Juni
  23. Hlm. 45- 80
  24. _______________. (2013). Mata Baru Penelitian
  25. Perpustakaan Dari SERVQUAL ke
  26. LibQUAL. Jakarta : Sagung Seto
  27. _________________. (2017). Pemanfaatan Aplikasi
  28. Perpustakaan Digital iJateng Melalui
  29. Smarthphone. Profetik Jurnal Komunikasi.
  30. Vol. 10 No. 2.
  31. https://doi.org/10/14421/pik.v10i2.1336
  32. Hafezi, Alipour Mehdi dan Nick, Hamid Amanollahi.
  33. (2015). Evaluation of Digital Libraries
  34. of Iranian Research Institution Based
  35. On The DigiQUAL Protocol. The
  36. Electronic Library.Vol.33. No.4. p 824-841.
  37. https://doi.org/10.1108/EL-07-2013-0131
  38. Kyrillidou, Martha dan Giersch, Sarah. (2005).
  39. Developing the DigiQUAL Protocol
  40. for Digital Library Evaluation. Proceedings
  41. of the ACM/IEE Joint Conference on
  42. Digital Libraries. P. 172-173.
  43. https://doi.org/10.1145/1065385.1065426.
  44. Prabowo, Toriq. (2013). Mengenal Perpustakaan
  45. Digital. FIHRIS : Jurnal Ilmu
  46. Perpustakaan dan Informasi. Vol. 8. No. 1.
  47. Hlm. 103-113.
  48. https://ww.researchgate.net/publication/3057
  49. _Mengenal_perpustakaan_ digital
  50. Saleh, Abdul Rahman. (2010). Membangun
  51. Perpustakaan Digital : Step by Step.
  52. Jakarta : Sagung Seto
  53. Prasetyo, Bambang., Lina M. (2012). Metode
  54. Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi.
  55. Jakarta : Rajawali Pers
  56. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
  57. Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
  58. Suharso, P. (2019). Pemanfaatan Drone Emprit dalam Melihat Trend Perkembangan Bacaan Digital melalui Akun Twitter. ANUVA:
  59. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(4), 333–346. D
  60. oi:10.14710/anuva.3.4.333-346
  61. Sulistyo-Basuki. (2010). Metode Penelitian. Jakarta :
  62. Penaku
  63. Supriyanto, Wahyu dan Muhsin, Ahmad. (2008).
  64. Teknologi Informasi Perpustakaan: Strategi
  65. Perancangan Perpustakaan Digital.
  66. Yogyakarta : Kanisius
  67. Suwarno, Wiji. (2016). Ilmu Perpustakaan & Kode
  68. Etik Pustakawan. Yogyakarta : Ar-Ruzz
  69. Media
  70. Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk
  71. Skripsi, Tesis Bisnis. Jakarta : Rajawali
  72. Pers
  73. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang
  74. Perpustakaan