Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Pemanfaatan Koleksi di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang
Published: 12 Sep 2019.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pemberian reward terhadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA
Islam Hidayatullah Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
antara pemberian reward terhadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang atau
tidak berpengaruh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan
sampel sebanyak 89 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan antara pemberian reward tehadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA Islam
Hidayatullah Semarang. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasi Pearson Product-
Moment antara variabel pemberian reward dengan variabel pemanfaatan koleksi. Hasilnya didapatkan nilai
signifikansi sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,706. Kriteria penolakan H0
adalah jika nilai signifikan α < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang
lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh terhadap pemanfaatan koleksi
di perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang.
Islam Hidayatullah Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
antara pemberian reward terhadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang atau
tidak berpengaruh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan
sampel sebanyak 89 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan antara pemberian reward tehadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA Islam
Hidayatullah Semarang. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasi Pearson Product-
Moment antara variabel pemberian reward dengan variabel pemanfaatan koleksi. Hasilnya didapatkan nilai
signifikansi sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,706. Kriteria penolakan H0
adalah jika nilai signifikan α < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang
lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh terhadap pemanfaatan koleksi
di perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang.
Keywords: reward; pemanfaatan koleksi; perpustakaan sekolah
Article Metrics:
Related articles
Pengolahan Koleksi Fiksi Terhadap Temu Kembali Informasi di Kantor Perpustakaan Institut Français Indonésie Yogyakarta
PERBANDINGAN MOTIVASI REMAJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PEMANFAATAN KOLEKSI BALAI LAYANAN GRHATAMA PUSTAKA BPAD DIY
Persepsi Terhadap Ilmu Perpustakaan Pada Mahasiswa Program Studi Strata 1 Ilmu Perpustakaan Angkatan Tahun 2014 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro
Analisis Peran UPT Perpustakaan dalam Menunjang Kualitas Institusi di Universitas Diponegoro
PENGARUH PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI KEGIATAN GEMAR MEMBACA TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 3 SEMARANG
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN OLEH SISWA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL
- Arikunto,Suharsimi. (2013). “Prosedur Penelitian
- Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta:PT.Rineka
- Cipta.
- Handayani, dkk. (2007). “Studi Korelasi Motivasi
- Pengguna dan Pemanfaatan Koleksi CD-ROM
- Lako, Andreas. (2004). Kepemimpinan dan Kinerja
- Organisasi, Yogyakarta : Amara Books.
- M. Ngalim Purwanto. (2006). Ilmu Pendidikan
- Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja
- Rosdakarya.
- Priyono, M. (2016). "Metode Penelitian Kuantitatif."
- Suharso, Putut, and Yulika Setyowulandari. 2014. “Strategi Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa Di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang.” EDULIB: Journal of Library and Information
- Science 4(2): 13–24.
- Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu
- Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- .(2010). Metode Penelitian. Jakarta:
- Penaku.
- Suryosubroto, B. (2002). Proses Balajar Mengajar di
- Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta di UPT Pusat
- Perpustakaan UII Yogyakarta”.Jurnal Berkala
- Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta:
- Universitas Gadjah Mada.