Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro

*Esti Munawaroh  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Skripsi berjudul “Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pemustaka di Unit Pelaksana
Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro” bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh
relationship marketing terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif eksplanatif dengan jumlah populasi sebanyak 40.900 dengan sampel sebanyak 105
responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Relationship marketing
yang diteliti dalam penelitian ini dihitung melalui analisis regresi linier sederhana dan pengujian
hipotesis menggunakan hasil regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa relationship marketing
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka sebesar 0,000. Kriteria penolakan H0
adalah jika nilai signifikan á < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai
signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara relationship marketing dengan kepuasan pemustaka UPT Perpustakaan Universitas
Diponegoro. Selain itu korelasi parsial (R) yang dihasilkan adalah 0,693 sehingga dapat disimpulkan
jika hubungan antara relationship marketing dan kepuasan pemustaka adalah kuat. Pengaruh
relationship marketing terhadap kepuasan pemustaka adalah sebesar 48,0%.
Fulltext View|Download
Keywords: relationship marketing; kepuasan pemustaka; perpustakaan
  1. Chan, S. (2003). Relationship Marketing: Inovasi
  2. Pemasaran yang Membuat Pelanggan
  3. Bertekuk Lutut. Jakarta : Gramedia Pustaka
  4. Utama
  5. David, L. T., Sagun, K. K. A. (2012). Increasing
  6. Awareness and Use of the Library's Resources
  7. and Facilities Through Relationship Marketing
  8. Strategies. Library Management, Vol. 33, 292-
  9. https://doi.org/10.1108/01435121211242326
  10. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate
  11. dengan Program IBM. SPSS 19. Semarang:
  12. Universitas Diponegoro
  13. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip
  14. Pemasaran. Ed. 11. Jakarta : Erlangga
  15. Lasa H.S. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia
  16. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher
  17. Lovelock, C. H. dan Wright, L.K. (2005). Manajemen
  18. Pemasaran Jasa. Jakarta : Indeks
  19. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif
  20. Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta
  21. Suharso, P., & Setyowulandari, Y. (2014). Strategi Pemberian Reward untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 4(2), 13–

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.