Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Divisi Hubungan Masyarakat UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Dalam Mempertahankan Eksistensi Perpustakaan

*Muhammad Fahrul Rozi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Lydia Christiani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran divisi Hubungan Masyarakat (Humas) di UPT Perpustakaan
Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dalam mempertahankan eksistensi perpustakaan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari divisi Humas UPT Perpustakaan UNS
di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pejabat Humas UNS, Kepala UPT Perpustakaan UNS,
Kepala Divisi Humas UPT Perpustakaan UNS dan dua anggota divisi Humas UPT Perpustakaan UNS.
Dalam penelitian ini terdapat lima orang yang dijadikan sebagai informan yang didapatkan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
wawancara semi terstruktur dengan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan muncul tema beberapa peran divisi Humas UPT Perpustakaan UNS
yang diketahui hasil dari wawancara dengan informan, observasi, dan studi dokumentasi diantaranya
adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat, menyampaikan aspirasi pengguna kepada
perpustakaan, berkontribusi dalam pembuatan perencanaan strategis, dan menciptakan library branding
bagi UPT Perpustakaan UNS.
Fulltext View|Download
Keywords: hubungan masyarakat; eksistensi perpustakaan; perpustakaan perguruan tinggi
  1. Alansari, H. A. (2013). Public Relations in Academic
  2. Libraries in Gulf Cooperation Council (GCC)
  3. States. Library Management, 34(1/2), 68–82
  4. Braun, V & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis
  5. in psychology. Qualitative Research in
  6. Psychology, 3(2), 77–101
  7. Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam
  8. Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  9. Davis, A. (2013). Everything You Should Know
  10. About Public Relations. Jakarta: Gramedia
  11. Djanaid, D. (2005). Public Relations Teori dan
  12. Praktek. Malang: Program Up
  13. Effendy, O. U. (2006). Hubungan Masyarakat
  14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  15. Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran
  16. Jakarta: Erlangga
  17. Hidayah, R. A. (2015). Kajian Tugas dan Fungsi
  18. Hubungan Masyarakat di Kantor Pemerintah
  19. Provinsi Sulawesi Utara. Acta Diurra, 4(3), 2–3
  20. Jefkins, F. (2013). Public Relations. Jakarta: Erlangga
  21. Maksum. (2009). Perpustakaan Dalam Perspektif
  22. Public Relations. Jurnal Perpustakaan Pertanian,
  23. (20), 31–36
  24. Marshall, N. J. (2001). Public Relations in Academic
  25. Libraries : A Descriptive Analysis. The Journal
  26. of Academic Librarianship, 27(2), 116–121
  27. Nurtakyidah. (2017). Eksistensi perpustakaan di era
  28. teknologi Nurtakyidah. Jurnal Iqra’, 11(2), 49–
  29. Restanti, A. (2015). Tantangan dan Strategi untuk
  30. Mengembangkan Citra Positif Perpustakaan
  31. Record And Library Journal, 1, 94–104
  32. Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017)
  33. Peran Humas dalam Meningkatkan Citra
  34. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP:
  35. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 3437. Retrieved from www.publikasi.unitri.ac.id
  36. Suharso, P., & Setyowulandari, Y. (2014). Strategi Pemberian Reward untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 4(2), 13–24
  37. Sulistyowati, D., Suharso, P., & Husna, J. (2015). Persepsi Pemustaka terhadap Koleksi Perpustakaan Keliling Kabupaten Semarang Sebagai Penunjang Bimbingan Belajar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 1–7

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.