Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TENAGA PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

*Awalia Warsitaning Putri  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Indonesia
Aan Permana  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Latar Belakang Pendidikan Tenaga Perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui latar belakang pendidikan tenaga perpustakaan dapat mempengaruhi atau tidak dalam memberikan kepuasan pemustaka selama berada di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dipilih secara snowball sampling, yaitu 14 informan yang berstatus mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi dan wawancara.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, data display, conclusion drawing atau verification. Hasil dari penelitian ini ialah tenaga perpustakaan yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepuasan pemustaka. Hal itu disebabkan yang akan mengembangkan dan memajukan perpustakaan adalah orang yang paling tahu mengenai perpustakaan atau memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan, sehingga nantinya informasi yang akan atau diberikan untuk pemustaka sudah sesuai dengan kebutuhan pemustaka sehingga pemustaka dapat merasa puas.
Fulltext View|Download
Keywords: Latar Belakang Pendidikan; Tenaga Perpustakaan; Kepuasan Pemustaka; Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.