ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

Imam Agus Faisal, Yuli Rohmiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media Instagram sebagai promosi
perpustakaan yang berkaitan dengan bauran promosi. Metode penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan
adalah studi kasus Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa promosi menggunakan Instagram masuk kategori dalam
bauran promosi, pertama periklanan, dalam hal ini perpustakaan sudah menggunakan
Instagram untuk menyampaikan informasi dengan tujuan menjaga citra perpustakaan. Kedua
Penjualan Personal sudah dilakukan menggunakan Instagram untuk membangun hubungan
baik dengan masyarakat khususnya follower. Ketiga Promosi Penjualan. Dilakukan
perpustakaan dengan cara memberikan intensif bagi yang mengikuti akun Instagram
perpustakaan, Keempat Hubungan Masyarakat, perpustaakaan melalui akun Instagram sudah
menyampaikan berita berupa kegiatan yang ada diperpustakaan. Terakhir Pemasaran
Langsung yang dilakukan dengan cara memberikan tanggapan secara langsung di kolom
komentar maupun melalui pesan pribadi akun Instagram.

Keywords


promosi; bauran promosi; pemustaka; Instagram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.