Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

*Imam Agus Faisal  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Rohmiyati  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media Instagram sebagai promosi
perpustakaan yang berkaitan dengan bauran promosi. Metode penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan
adalah studi kasus Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa promosi menggunakan Instagram masuk kategori dalam
bauran promosi, pertama periklanan, dalam hal ini perpustakaan sudah menggunakan
Instagram untuk menyampaikan informasi dengan tujuan menjaga citra perpustakaan. Kedua
Penjualan Personal sudah dilakukan menggunakan Instagram untuk membangun hubungan
baik dengan masyarakat khususnya follower. Ketiga Promosi Penjualan. Dilakukan
perpustakaan dengan cara memberikan intensif bagi yang mengikuti akun Instagram
perpustakaan, Keempat Hubungan Masyarakat, perpustaakaan melalui akun Instagram sudah
menyampaikan berita berupa kegiatan yang ada diperpustakaan. Terakhir Pemasaran
Langsung yang dilakukan dengan cara memberikan tanggapan secara langsung di kolom
komentar maupun melalui pesan pribadi akun Instagram.
Fulltext View|Download
Keywords: promosi; bauran promosi; pemustaka; Instagram

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.