Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh pengajaran
Mendeley reference management software dengan ketepatan penulisan sitasi dan daftar
referensi bagi mahasiswa prodi S-1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2014 Universitas
Diponegoro. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
ekperimen dengan menggunakan desain klasik. Responden penelitian terdiri dari dua
kelompok yaitu kelompok treatment (kelompok diberi perlakuan pengajaran Mendeley
reference management software) dan kelompok kontrol (tidak diberi perlakuan), masingmasing
terdiri dari 8 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Berdasarkan
perhitungan t-test diperoleh nilai t hitung (4,234) > t tabel (1,761) dengan signifikasi 0,05,
dapat dikatakan bahwa H0 ditolak, atau dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Dengan
demikan mahasiswa yang diberikan perlakuan berupa pengajaran Mendeley reference
management software (kelompok treatment) memiliki ketepatan penulisan sitasi dan daftar
referensi yang signifikan dibandingkan mahasiswa yang tidak diberikan perlakuan
(kelompok kontrol) yang ditunjukkan dari peningkatan hasil rerata sebesar 21,875.