Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KEPUASAN PEMUSTAKA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA (BBRSBG) KARTINI DI TEMANGGUNG

*Eri Setyaningtyas  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rizki Nurislaminingsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi kepuasan pemustaka Penyandang Disabilitas Intelektual (PDI) ringan pada layanan
Perpustakaan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini di Temanggung. BBRSBG Kartini
merupakan lembaga pemerintahan di bawah Kementrian Sosial RI, secara khusus menangani PDI dan merupakan
balai rehabilitasi PDI terbesar di Indonesia. Perpustakaan BBRSBG Kartini merupakan perpustakan khusus dimana
pemustaka utamanya adalah PDI, sebagai sumber penyokong intelektual perpustakaan harus melayani pemustaka
dengan keterbatasan intelektual demi melaksanakan fungsinya dan memenuhi kesetaraan hak PDI atas informasi.
Desain dan jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan
metode LibQual+TM berdasarkan 3 dimensi yaitu Affect of Service, Information Control dan Library as Place.
Responden diminta untuk menilai presepsi, harapan minimum dan harapan ideal terhadap 16 pertanyaan mengenai
layanan perpustakaan. Analisis kepuasan diperoleh dari selisih antara nilai harapan dan persepsi. Berdasarkan hasil
penelitian, secara umum pemustaka PDI cukup puas pada layanan dengan nilai pada persepsi 7,58, nilai harapan
minimum sebesar 6,39, nilai harapan ideal sebesar 7,62, dengan nilai hasil AG sebesar 1,19 dan SG -0,04. Berdasarkan
variabel, kepuasan terendah pada dimensi Information Control pada persepsi mendapat skor 7,22, nilai harapan
minimum sebesar 6,37, nilai harapan ideal sebesar 7,59, dengan hasil nilai AG sebesar 0,85 dan SG -0,37. Nilai
Library as Place pada skor persepsi mendapat angka 7,56, nilai harapan minimum 6,28, nilai harapan ideal sebesar
7,56, dengan hasil AG 1,28 dan SG 0. Nilai Affect of Service merupakan dimensi yang mendapat tingkat kepuasan
paling tinggi diantara dimensi-dimensi lainnya dengan skor persepsi 7,94, nilai harapan minimum 6,49, nilai harapan
ideal sebesar 7,69, dengan hasil AG 1,45 dan SG 0,25.
Fulltext View|Download
Keywords: BBRSBG Kartini; kepuasan pemustaka; layanan perpustakaan; libQual+TM ;penyandang disabilitas intelektual

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.