Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP23225, author = {Eri Setyaningtyas and Rizki Nurislaminingsih}, title = {KEPUASAN PEMUSTAKA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA (BBRSBG) KARTINI DI TEMANGGUNG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {BBRSBG Kartini; kepuasan pemustaka; layanan perpustakaan; libQual+TM ;penyandang disabilitas intelektual}, abstract = {Penelitian ini mengidentifikasi kepuasan pemustaka Penyandang Disabilitas Intelektual (PDI) ringan pada layanan Perpustakaan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini di Temanggung. BBRSBG Kartini merupakan lembaga pemerintahan di bawah Kementrian Sosial RI, secara khusus menangani PDI dan merupakan balai rehabilitasi PDI terbesar di Indonesia. Perpustakaan BBRSBG Kartini merupakan perpustakan khusus dimana pemustaka utamanya adalah PDI, sebagai sumber penyokong intelektual perpustakaan harus melayani pemustaka dengan keterbatasan intelektual demi melaksanakan fungsinya dan memenuhi kesetaraan hak PDI atas informasi. Desain dan jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan metode LibQual+TM berdasarkan 3 dimensi yaitu Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Responden diminta untuk menilai presepsi, harapan minimum dan harapan ideal terhadap 16 pertanyaan mengenai layanan perpustakaan. Analisis kepuasan diperoleh dari selisih antara nilai harapan dan persepsi. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum pemustaka PDI cukup puas pada layanan dengan nilai pada persepsi 7,58, nilai harapan minimum sebesar 6,39, nilai harapan ideal sebesar 7,62, dengan nilai hasil AG sebesar 1,19 dan SG -0,04. Berdasarkan variabel, kepuasan terendah pada dimensi Information Control pada persepsi mendapat skor 7,22, nilai harapan minimum sebesar 6,37, nilai harapan ideal sebesar 7,59, dengan hasil nilai AG sebesar 0,85 dan SG -0,37. Nilai Library as Place pada skor persepsi mendapat angka 7,56, nilai harapan minimum 6,28, nilai harapan ideal sebesar 7,56, dengan hasil AG 1,28 dan SG 0. Nilai Affect of Service merupakan dimensi yang mendapat tingkat kepuasan paling tinggi diantara dimensi-dimensi lainnya dengan skor persepsi 7,94, nilai harapan minimum 6,49, nilai harapan ideal sebesar 7,69, dengan hasil AG 1,45 dan SG 0,25.}, issn = {97980000000}, pages = {191--200} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23225} }
Refworks Citation Data :
Last update: