Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP23216, author = {Melania Adirati and Ika Krismayani}, title = {PERAN CREATIVE THINKING SKILL PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMP NEGERI 1 GABUS}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {creative thinking skill; Gerakan Literasi Sekolah; pembinaan minat baca; peran pustakawan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran creative thinking skill pustakawan dalam implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 1 Gabus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendukung program Gerakan Literasi Sekolah agar sukses mencapai tujuan, pustakawan menggunakan creative thinking skill untuk melahirkan gagasan orisinal dan bersikap reflektif dalam meghadapi tantangan. Dalam melahirkan gagasan yang orisinal seperti pengadaan satu anak satu buku, pemberian hadiah dengan lomba bercerita, serta menghias pojok baca kreativitas siswa, pustakawan berpikir kreatif melalui tahap penyerapan ide, tahap inspirasi, tahap menguji ide, tahap evaluasi dan tahap pengaplikasian. Selain itu pustakawan juga bersikap reflektif. Sikap reflektif pustakawan ditemui ketika pustakawan melakukan pengarahan dalam rapat kerja serta membangun kerja sama dengan kepala sekolah untuk membantu menegur dan mengambil tindakan bagi guru yang kurang berpartisipasi aktif.}, issn = {97980000000}, pages = {101--110} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23216} }
Refworks Citation Data :
Last update: