PERAN CREATIVE THINKING SKILL PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMP NEGERI 1 GABUS

Melania Adirati, Ika Krismayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran creative thinking skill pustakawan dalam
implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 1 Gabus. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi
kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendukung program Gerakan Literasi Sekolah agar
sukses mencapai tujuan, pustakawan menggunakan creative thinking skill untuk melahirkan
gagasan orisinal dan bersikap reflektif dalam meghadapi tantangan. Dalam melahirkan gagasan
yang orisinal seperti pengadaan satu anak satu buku, pemberian hadiah dengan lomba bercerita,
serta menghias pojok baca kreativitas siswa, pustakawan berpikir kreatif melalui tahap
penyerapan ide, tahap inspirasi, tahap menguji ide, tahap evaluasi dan tahap pengaplikasian.
Selain itu pustakawan juga bersikap reflektif. Sikap reflektif pustakawan ditemui ketika
pustakawan melakukan pengarahan dalam rapat kerja serta membangun kerja sama dengan
kepala sekolah untuk membantu menegur dan mengambil tindakan bagi guru yang kurang
berpartisipasi aktif.

Keywords


creative thinking skill; Gerakan Literasi Sekolah; pembinaan minat baca; peran pustakawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.