Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI KEGIATAN “SENI BERBAHASA” (STUDI KASUS DI TAMAN BACA MASYARAKAT WADAS KELIR, KEC. PURWOKERTO SELATAN, KAB. BANYUMAS)

*Entin Dyah Purnama Putri  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Setyadi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Minat baca perlu ditanamkan sejak anak usia dini. Perlu adanya suatu kegiatan untuk
meningkatkan minat baca pada anak-anak. Kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan minat
baca pada anak. Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan minat baca anak melalui
kegiatan “seni berbahasa”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
upaya peningkatan minat baca anak melalui kegiatan “seni berbahasa” di Taman Baca
Masyarakat Wadas Kelir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak delapan orang, tiga orang merupakan pendiri
dan pengelola Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir, dan lima orang merupakan anak-anak
yang mengikuti kegiatan “seni berbahasa”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian
menemukan bahwa upaya Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir dalam meningkatkan minat
baca anak melalui kegiatan “seni berbahasa”. Kegiatan “seni berbahasa” diantaranya adalah
kegiatan menulis puisi, menulis cerita pengalaman dan menggambar. Selain untuk
meningkatkan minat baca, kegiatan “seni berbahsa” juga dapat menyalurkan bakat anak,
mengasah kecerdasan dan supaya anak-anak memiliki keterampilan menulis dan
menggambar.
Fulltext View|Download
Keywords: Minat Baca; Seni Berbahasa; Taman Baca Masyarakat (TBM)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.