slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™ | Fikri | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™

*Rausyan Fikri  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Dalam dunia perpustakaan, kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diwujudkan,
sehingga harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Metode LibQUAL+TM adalah metode yang digunakan untuk
mengukur tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini berjudul Mengukur
Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™ yang bertujuan untuk mengetahui
kualitas UPT Perpustakaan Universitas Semarang dari sudut pandang LibQUAL+TM. Subjek penelitian berjumlah
100 orang yang terdiri dari fakultas teknik sebanyak 29 responden, fakultas hukum 24 responden, fakultas ekonomi
18 responden, fakultas teknologi informatika dan komunikasi 16 responden, fakultas teknologi pertanian 8
responden, dan fakultas psikologi 5 responden. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data digunakan dengan metode observasi dan kuisioner dengan hasil (Dimensi Persepsi, yaitu Kinerja
Petugas 8 item; α = 0,921, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,912, Sarana Prasarana 8 item; α =
0,923. Dimensi Harapan Minimum, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α = 0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi
15 item; α = 0,947, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,917. Dimensi Harapan Ideal, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α =
0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,955, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,956). Hasil
analisis data menunjukkan bahwa dimensi Kinerja Petugas mendapatkan posisi pertama dengan skor AG yaitu
sebesar 0,422576. Posisi kedua dilihat dari skor AG ditempati oleh Sarana Prasarana dengan skor 0,42203. Posisi
terakhir dilihat dari skor AG yaitu dimensi Kualiats dan Akses Informasi dengan skor 0,271612. Berdasarkan hasil
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan USM sudah cukup
baik namun butuh beberapa peningkatan dalam pelayanannya.
Fulltext View|Download
Keywords: kualitas layanan, LibQUAL+TM, Persepsi, Harapan Minimum, Harapan Ideal, UPT Perpustakaan Universitas Semarang.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.