BibTex Citation Data :
@article{JIP23199, author = {Rausyan Fikri and Yanuar Prasetyawan}, title = {Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {kualitas layanan, LibQUAL+TM, Persepsi, Harapan Minimum, Harapan Ideal, UPT Perpustakaan Universitas Semarang.}, abstract = {Dalam dunia perpustakaan, kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diwujudkan, sehingga harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Metode LibQUAL+TM adalah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini berjudul Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™ yang bertujuan untuk mengetahui kualitas UPT Perpustakaan Universitas Semarang dari sudut pandang LibQUAL+TM. Subjek penelitian berjumlah 100 orang yang terdiri dari fakultas teknik sebanyak 29 responden, fakultas hukum 24 responden, fakultas ekonomi 18 responden, fakultas teknologi informatika dan komunikasi 16 responden, fakultas teknologi pertanian 8 responden, dan fakultas psikologi 5 responden. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data digunakan dengan metode observasi dan kuisioner dengan hasil (Dimensi Persepsi, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α = 0,921, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,912, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,923. Dimensi Harapan Minimum, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α = 0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,947, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,917. Dimensi Harapan Ideal, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α = 0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,955, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,956). Hasil analisis data menunjukkan bahwa dimensi Kinerja Petugas mendapatkan posisi pertama dengan skor AG yaitu sebesar 0,422576. Posisi kedua dilihat dari skor AG ditempati oleh Sarana Prasarana dengan skor 0,42203. Posisi terakhir dilihat dari skor AG yaitu dimensi Kualiats dan Akses Informasi dengan skor 0,271612. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan USM sudah cukup baik namun butuh beberapa peningkatan dalam pelayanannya.}, issn = {97980000000}, pages = {671--680} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23199} }
Refworks Citation Data :
Last update: