BibTex Citation Data :
@article{JIP23197, author = {Bersilius K. and Mecca Arfa}, title = {PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pemustaka}, abstract = {Perpustakaan perguruan tinggi sebagai lembaga penyedia informasi mempunyai peranan penting dalam membentuk mahasiswa yang berkualitas. Selain itu, Perpustakaan Perguruan Tinggi mempunyai peran penting dalam meningkatkan mahasiswa yang berkualitas dan berkompeten, sebagai wahana belajar sepanjang hayat, serta wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa, serta sebagai layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pemustaka.Layanan perpustakaan harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya agar pemustaka merasa puas dengan adanya layanan yang diberikan oleh perpustakaan sehingga memberikan citra positif perpustakaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Stikes Telogorejo Semarang.Desain dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 278 mahasiswa Stikes Telogorejo Semarang angkatan tahun 2016, dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 74 orang.Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari perpustakaan tebukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka, yang dibuktikan dengan besaran koefisien pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka sebesar (+) 0,224 serta signfikansi pengaruh sebesar 0,025 yang lebih kecil dari 0,05. Pengaruh yang positif ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan dinilai oleh para pemustaka maka akan semakin tinggi kepuasan dari para pemustaka yang menjadi pelanggan dari perpustakaan tersebut, sebaliknya semakin rendah kualitas pelayanan yang dimiliki maka akan semakin rendah kepuasan pemustaka tersebut. Pengaruh tersebut bersifat signifikan, yang berarti bahwa pengaruh positif dari kualitas pelayanan akan memberikan peningkatan kepuasan sebesar 0,224 dari tingkat kepuasan para pemustaka sebelumnya.}, issn = {97980000000}, pages = {651--660} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23197} }
Refworks Citation Data :
Last update: