Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG

*Bersilius Candra K.  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mecca Arfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perpustakaan perguruan tinggi sebagai lembaga penyedia informasi mempunyai peranan penting
dalam membentuk mahasiswa yang berkualitas. Selain itu, Perpustakaan Perguruan Tinggi
mempunyai peran penting dalam meningkatkan mahasiswa yang berkualitas dan berkompeten,
sebagai wahana belajar sepanjang hayat, serta wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa,
serta sebagai layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pemustaka.Layanan
perpustakaan harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya agar pemustaka merasa puas dengan
adanya layanan yang diberikan oleh perpustakaan sehingga memberikan citra positif
perpustakaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Stikes Telogorejo Semarang.Desain dan jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak
278 mahasiswa Stikes Telogorejo Semarang angkatan tahun 2016, dengan jumlah sampel yang
didapatkan sebanyak 74 orang.Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari perpustakaan tebukti
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka, yang dibuktikan dengan
besaran koefisien pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka sebesar (+) 0,224
serta signfikansi pengaruh sebesar 0,025 yang lebih kecil dari 0,05. Pengaruh yang positif ini
berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan dinilai oleh para pemustaka maka akan semakin
tinggi kepuasan dari para pemustaka yang menjadi pelanggan dari perpustakaan tersebut,
sebaliknya semakin rendah kualitas pelayanan yang dimiliki maka akan semakin rendah kepuasan
pemustaka tersebut. Pengaruh tersebut bersifat signifikan, yang berarti bahwa pengaruh positif
dari kualitas pelayanan akan memberikan peningkatan kepuasan sebesar 0,224 dari tingkat
kepuasan para pemustaka sebelumnya.
Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pemustaka

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.