slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS PENERAPAN PERMENDAGRI NOMOR 19 TAHUN 2012 DALAM PENGELOLAAN ARSIP AKTA PERKAWINAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG | Zulfa | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PENERAPAN PERMENDAGRI NOMOR 19 TAHUN 2012 DALAM PENGELOLAAN ARSIP AKTA PERKAWINAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

*Siti Ukhtiya Zulfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Indrahti  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Permendagri Nomor 19 Tahun 2012 Dalam Pengelolaan
Arsip Akta Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan kesesuaian Permendagri Nomor 19 Tahun
2012 dalam pengelolaan arsip akta perkawinan serta kendala yang dihadapi dalam penerapan
peraturan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
kasus.. Informan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Data dari
penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Permendagri Nomor 19 Tahun 2012 diterapkan sejak pertama kali
dikeluarkan oleh Kemendagri RI pada tahun 2012, pegawai sudah menerapkan peraturan dalam
kegiatan pengelolaan arsip akta perkawinan mulai dari penciptaan, penataan, penyimpanan,
pelayanan, temu kembali, dan pemeliharaan arsip, namun pada bagian pelayanan dan pemeliharaan
belum sesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2012. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya
ruang penyimpanan arsip, sarana prasarana dan SDM yang terbatas.
Fulltext View|Download
Keywords: akta perkawinan; pengelolaan arsip; Permendagri Nomor 19 Tahun 2

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.