Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP LIBRARY ANXIETY PADA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 TEGAL

*Annisa Dwi Cahyaningtyas  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Rohmiyati  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan pemakai berpengaruh terhadap tingkat library anxiety pemustaka di perpustakaan SMAN 1 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain klasik. Sampel yang diambil berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon rank test dan U Mann Whitney test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh responden kelompok uji mengalami kenaikan skor posttest setelah diberikan treatment pendidikan pemakai. Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment, 11 responden (73,33%) mengalami penurunan skor posttest, 3 responden (20%) mengalami kenaikan skor, dan 1 responden (6,66%) memiliki skor yang sama antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji signifikansi posttest didapatkan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 , maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Dapat disimpulkan bahwa pendidikan pemakai berpengaruh terhadap library anxiety pemustaka di perpustakaan SMAN 1 Tegal.
Fulltext View|Download
Keywords: Library anxiety; pendidikan pemakai; SMAN 1 Tegal

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.