Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS FUNGSI KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 KUDUS

*Rikhadlotul Aisy  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Setyadi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai fungsi penerapan komik sebagai media pendidikan pemakai di
perpustakaan, terutama dalam pengenalan sumber daya perpustakaan dan cara temu balik infomasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi penerapan komik sebagai media pendidikan
pemakai di perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
pendekatan action research. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi non-partisipan dan wawancara
terstruktur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setelah menerima materi pendidikan pemakai
dengan menggunakan media komik, siswa mempunyai pengetahuan baru mengenai sumber daya
perpustakaan dan perubahan perilaku siswa dalam melakukan temu balik informasi. Gambar, dialog,
cerita, dan karakter yang terdapat pada komik berpengaruh dalam menarik minat siswa untuk
mendapatkan pengetahuan baru mengenai sumber daya yang ada di perpustakaan, dan cara temu balik
informasi di perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: pendidikan pemakai; komik; orientasi perpustakaan; instruksi perpustakaan; temu balik informasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.