Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Pustakawan dalam Pembelajaran Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata

*Ika Rahmawati N.  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peran Pustakawan dalam Pembelajaran Literasi Informasi Mahasiswa
Universitas Katolik Soegijapranata”. Latar belakang pada penelitian didasari oleh keadaan saat
ini dimana perpustakaan perguruan tinggi jarang mengajarkan literasi informasi bagi
mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggambaran peran pustakawan
dalam pembelajaran literasi informasi mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi.
Informan yang dipilih pada penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari enam
mahasiswa dan satu pustakawan. Pemilihan informan pada penelitian ini diambil menggunakan
teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan model analisis data
milik Miles & Huberman. Menerapkan aspek yang dimiliki Wheeler dan Pamela McKinney
tentang peran pustakawan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan memiliki peran
sebagai pendukung pembelajaran (learning support), pustakawan yang mengajar (librarian who
teaches), ataupun pelatih (trainer) literasi informasi.
Fulltext View|Download
Keywords: pembelajaran literasi informasi, peran pustakawan, mahasiswa, perguruan tinggi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.