Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG

*Syaefrudin Emnoor  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ika Krismayani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Hasil Prestasi Akademik Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang”. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi akademik siswa kelas VIII
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan survey. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Hasil signifikan ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh terhadap perhitungan nilai jumlah “r” tabel.
Dengan memeriksa tabel “r” produc moment bahwa dengan Df sebesar 29 pada taraf signifikan 5% diperoleh dari
“r” tabel = 0,355 dan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel adalah = 0,456 karena pada rxy atau rhitungpada taraf
signifikansi 5% lebih besar dari pada rtabel(rxy > r tabel) 0,82 > 0,355. Hipotesis Ho ditolak dan alternative H1
diterima. Dengan demikian kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Prestasi Akademik, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.