Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENERAPAN KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN BUKU POP-UP DI SMP NEGERI 21 SEMARANG

*Prisilla Resanda Esy  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Setyadi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Dalam penelitian ini dibahas mengenai penerapan kegiatan pendidikan pemakai yang
dilakukan menggunakan buku pop-up di SMP Negeri 21 Semarang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah action research dengan model an actionreflection
cycle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk
mengungkapan hasilnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumen. Berdasarkan analisis data pada hasil wawancara
terhadap informan/pengguna buku pop-up, diketahui bahwa mereka menyukai
kegiatan pendidikan pemakai menggunakan buku pop-up yang mengemas materi
menjadi menarik dan mudah dipahami. Selain itu, penerapan materi di dalam buku
pop-up memberikan bantuan bagi penggunanya untuk mengetahui tentang nama
benda-benda yang ada di perpustakaan serta pembagian area-area yang selama ini
belum mereka ketahui; membantu pengguna untuk mengetahui cara menelusur informasi dengan lebih mudah dan membantu pengguna untuk mengetahui
penggolongan jenis bahan pustaka yang ada di perpustakaan beserta lokasi
pemanfaatannya. Selain itu, buku pop-up dinilai sebagai sebuah pendidikan atau
pembelajaran karena terdapat banyak pembelajaran mengenai hal-hal baru yang
sebelumnya tidak mereka ketahui tentang perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: buku pop-up; instruksi perpustakaan; pendidikan pemakai

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.