Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ARSIPARIS DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

*Diani Elfa Safitri  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rukiyah Rukiyah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Sumber daya manusia harus senantiasa dikembangkan agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Salah
satu bentuk pengembangan sumber daya manusia yaitu pendidikan dan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja
arsiparis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kategori survei. Responden dalam penelitian ini
berjumlah 20 orang yang terdiri dari seluruh arsiparis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa
Tengah. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dengan menggunakan persentase dan analisis statistik untuk uji validitas, uji
reliabilitas, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pendidikan dan pelatihan (X) meningkatkan kinerja arsiparis (Y) sebesar 0,528 atau 52,8%. Sehingga dapat
diartikan bahwa pendidikan dan pelatihan efektif dalam meningkatkan kinerja arsiparis.
Fulltext View|Download
Keywords: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah; Kinerja Arsiparis; Pendidikan dan Pelatihan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.