Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH GURU IPS DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA

*Nurwulan Mustika Sari  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Setyadi  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru IPS memanfaatkan perpustakaan dalam menunjang kegiatan
belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif
dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara
terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman
yang meliputi: reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh
simpulan bahwa cara guru IPS dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar
di SMA Negeri 2 Purbalingga yaitu dengan pemberian tugas dan laporan kepada siswa untuk membaca buku-buku
referensi yang ada di perpustakaan, mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan materi pembelajaran, serta
menjadikan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran alternatif dengan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar
di perpustakaan. Selain itu guru dalam pemanfaatan perpustakaan memiliki peran yang besar untuk
membudayakan minat baca pada siswa yaitu dengan memberi semangat terhadap siswa, menciptakan metode
pembelajaran yang menumbuhkan minat baca, serta menjadi figur dan panutan bagi siswa dalam kegiatan
membaca. Adapun kendala yang dihadapi guru IPS dalam memanfaatkan perpustakaan adalah masih terbatasnya
jumlah koleksi dan ruang perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga.
Fulltext View|Download
Keywords: perpustakaan sekolah; pemanfaatan; kegiatan belajar-mengajar; SMA Negeri 2 Purbalingga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.