BibTex Citation Data :
@article{JIP23089, author = {Nurwulan Sari and Ary Setyadi}, title = {PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH GURU IPS DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {6}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {perpustakaan sekolah; pemanfaatan; kegiatan belajar-mengajar; SMA Negeri 2 Purbalingga}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru IPS memanfaatkan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa cara guru IPS dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga yaitu dengan pemberian tugas dan laporan kepada siswa untuk membaca buku-buku referensi yang ada di perpustakaan, mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan materi pembelajaran, serta menjadikan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran alternatif dengan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di perpustakaan. Selain itu guru dalam pemanfaatan perpustakaan memiliki peran yang besar untuk membudayakan minat baca pada siswa yaitu dengan memberi semangat terhadap siswa, menciptakan metode pembelajaran yang menumbuhkan minat baca, serta menjadi figur dan panutan bagi siswa dalam kegiatan membaca. Adapun kendala yang dihadapi guru IPS dalam memanfaatkan perpustakaan adalah masih terbatasnya jumlah koleksi dan ruang perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga.}, issn = {97980000000}, pages = {311--320} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23089} }
Refworks Citation Data :
Last update: