Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI PENGEMBANGAN PE

*Juvita Umar Hadinata  -  Universitas Diponegoro
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan koleksi perpustakaan di SMP Negeri 15 Tegal”. Tujuan dari penilitian ini adalah menidentifikasikan proses pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMP Negeri 15 Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 15 Tegal tidak memiliki prioritas di dalam kinerjanya. Proses evaluasi digunakan untuk mengelola pencapaian kegiatan yang sudah dilakukan, mencari peluang untuk mengoptimalkan kinerja perpustakaan, dan menangkal potensi masalah yang akan datang. Proses kebijakan diberlakukan untuk melindungi perpustakaan dari penyimpangan. Proses seleksi dan akuisisi disertai dengan proses budgeting memerlukan kerjasama antara pustakawan, penerbit, penanggungjawab kurikulum, dan guru mata pelajaran untuk mendapatkan koleksi yang sesuai. Proses penyiangan dan preservasi diperlukan untuk melindungi dan merawat secara fisik isi dari koleksi yang dimiliki perpustakaan. Tidak adanya prioritas kegiatan antara evaluasi, kebijakan, seleksi, akuisisi, penyiangan, dan preservasi. Setiap kegiatan saling bersinergi sesuai dengan model yang peneliti identifikasikan bahwa perpustakaan sekolah SMP Negeri 15 Tegal menggunakan model koleksi terpusat.
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan Sekolah, Pengembangan Koleksi, Model Koleksi Terpusat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.