slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
EVALUASI PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES St. ELISABETH SEMARANG BERDASARKAN METODE SERVQUAL | Karim | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

EVALUASI PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES St. ELISABETH SEMARANG BERDASARKAN METODE SERVQUAL

*Adham Mohammad Karim  -  Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pelayanan sirkulasi Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang berdasarkan metode servqual. Evaluasi pelayanan perpustakaan didasarkan pada lima dimensi servqual meliputi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang yang bertemu langsung dengan penulis dan telah memanfaatkan pelayanan yang diberikan perpustakaan. Penilaian skor total servqual dengan cara menghitung skor persepsi dikurangi dengan skor harapan, jika hasil total skor servqual mendekati angka nol, maka pelayanan dikatakan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pemustaka. Adapun hasil penelitian menunjukkan penilaian skor servqual pada dimensi bukti fisik (tangibles) sebesar -1.68, dimensi keandalan (reliabilitiy) sebesar -1.24, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar -1.33, dimensi jaminan (assurance) sebesar 1.04, dan dimensi empati (empathy) sebesar -1.51. Berdasarkan perhitungan keseluruhan dimensi skor servqual, pelayanan Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang  sebesar -1.45, angka tersebut menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pemustakanya.

Fulltext
Keywords: evaluasi pelayanan; perpustakaan perguruan tinggi; SERVQUAL

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.