Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PAMONG BELAJAR SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

*Karlina Retno Millasari  -  Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul “Kemampuan Literasi Informasi Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwodadi Kabupaten Grobogan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pamong belajar sanggar kegiatan belajar Purwodadi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan literasi informasi pamong belajar, sudah dapat menentukan jenis dan cakupan informasi dengan cara merumuskan terlebih dahulu informasi yang pamong belajar butuhkan, kemudian dalam mencari informasi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar berpedoman pada pedoman yang telah ditetapkan. Untuk mengakses informasi secara efektif dan efisien pamong belajar merasa kurang efektif dalam proses pencarian informasi karena memerlukan waktu yang cukup lama dalam memperoleh informasi. Di dalam mengevaluasi informasi, pamong belajar  mengevaluasi suatu informasidengan cara mencatat sumber informasi yang mereka dapatkan lalu membandingkan sumber-sumber informasisebelum digunakan kembali, selanjutnyamenyaring informasi yang mereka butuhkan berdasarkan dengan kesesuaian informasi yang dicari dengan cara meringkas informasi yang telah diperoleh,kemudian untuk kemampuan menggunakan danmengkomunikasikan informasi, pamong belajar mengkomunikasikan kembali informasi kepada siswa. Selanjutnya untuk aspek penggunaan informasi secara etis dan legal pamong belajar kurang mengetahui tentang perilaku yang etis dan sesuai dengan etika dalam pengaksesan informasi.

Fulltext
Keywords: Literasi informasi, Pamong belajar, Sanggar kegiatan belajar.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.